Dewi, Elsa Haruna (2024) Pengembangan e-modul berdiefrensiasi materi energi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar / Elsa Haruna Dewi</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu paradigma yang dikembangkan dalam kurikulum merdeka yaitu pembelajaran berdiferensiasi yang memfasilitasi gaya dan kebutuhan belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar berdiferensiasi merupakan suatu hal yang baru sehingga belum diterapkan secara merata dan baik oleh setiap sekolah dan guru. Beberapa sekolah sebelumnya belum pernah mengembangkan bahan ajar berdiferensiasi bagi kebutuhan belajar siswa. Buku-buku serta perangkat pembelajaran lain yang dimiliki oleh sekolah belum sepenuhnya memfasilitasi kebutuhan dan gaya belajar siswa. Salah satu sekolah yang akan digunakan sebagai tempat penelitian adalah sekolah yang belum pernah mengembangkan bahan ajar berdiferensiasi di Kota Malang. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan e-modul berdiferensiasi untuk memfasilitasi gaya belajar siswa sehingga hasil belajar siswa dapat tuntas. E-modul yang dikembangkan ini memiliki kebaruan dibanding dengan penelitian lain yaitu e-modul memfasilitasi ketiga gaya belajar siswa dengan memilih konten materi yang terdiri dari konten video audio teks bacaan dan percobaan sederhana. E-modul dirancang untuk siswa mengerjakan kegiatan di dalam e-modul tanpa perlu menggunakan alat tulis dan kertas lagi sebab semua kegiatan menulis dilakukan di dalam e-modul kegiatan siswa disajikan dalam bentuk link ketika di klik akan muncul tampilan jendela pop up materi yang digunakan dalam e-modul ini berbeda dengan materi-materi yang sudah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya yaitu materi energi alternatif.Tujuan penelitian dalam pengembangan ini yaitu membuat e-modul berdiferensiasi menguji kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Desain penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyz Design Development Implement dan Evaluate). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu e-modul berdiferensiasi untuk siswa yang berisi materi lembar kegiatan siswa dan evaluasi dan panduan bagi guru yang berisi modul ajar dan kunci jawaban. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi oleh ahli dan praktisi (guru) angket respon siswa lembar observasi dan soal pretest-posttest. Uji kevalidan diukur menggunakan angket validasi yang dikembangkan oleh Akbar (2016) uji kepraktisan diukur menggunakan lembar observasi dan respon siswa yang dikembangkan dari Nopiani et.al. (2021) dan uji keefektifan diukur mengunakan soal pretest dan posttest yang dikembangkan oleh peneliti yang divalidasi menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dari Siregar (2014). Sebelum melakukan uji T terdapat uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas untuk melihat apakah data berdistribusi normal dan linier. Hasil pengembangan e-modul berdiferensiasi terdiri atas cover kata pengantar daftar isi petunjuk penggunaan peta konsep materi video gambar teks bacaan audio percobaan soal latihan evaluasi rangkuman daftar pustaka dan riwayat pengembang. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh nilai 84 5% ahli media memperoleh nilai 83 45% dan praktisi (guru) memperoleh nilai 8 25% yang ketiganya menunjukkan hasil yang valid. Hasil uji kepraktisan pembelajaran oleh observer memperoleh nilai 86 25% dan respon siswa memperoleh nilai 86 7% yang keduanya menunjukkan hasil yang praktis. Hasil keefektifan produk pada uji prasyarat analisis uji normalitas menunjukkan hasil yang normal uji linearitas menunjukkan hasil yang linear dan uji T menunjukkan hasil yang efektif. Sehingga e-modul dapat dikatakan valid praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |