Analisis kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar berdasarkan gaya belajar / Diana Ariesanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar berdasarkan gaya belajar / Diana Ariesanti

Ariesanti, Diana (2024) Analisis kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar berdasarkan gaya belajar / Diana Ariesanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi numerasi merupakan kemampuan fundamental yang perlu dikuasai individu dalam menghadapi kemajuan zaman yang pesat ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan ini tidak hanya penting dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga menjadi penentu keberhasilan pendidikan dan karier di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 3 Sentul Kota Blitar berdasarkan gaya belajar visual auditori dan kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes literasi numerasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan variasi yang signifikan dalam kemampuan literasi numerasi di antara ketiga kelompok gaya belajar tersebut. Siswa dengan gaya belajar visual menunjukkan kemampuan yang baik dalam memahami dan menggunakan konsep dasar geometri seperti menyebutkan karakteristik geometri dan menggunakan bentuk-bentuk geometri dalam berbagai situasi. Namun mereka menghadapi kesulitan dalam tugas yang lebih spesifik dan kompleks serta kurang konsisten dalam menyusun penjelasan logis yang mendalam. Siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan pengetahuan bentuk-bentuk geometri dan analisis informasi karakteristik geometri. Mereka lebih suka belajar melalui mendengarkan dan diskusi namun tetap mengalami kesulitan dalam menyusun penjelasan logis dan menerapkan perhitungan geometri. Siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan penguasaan yang baik dalam mengenali dan menggunakan konsep dasar geometri dalam konteks praktis tetapi menghadapi tantangan besar dalam tugas yang memerlukan perhitungan praktis dan penyusunan penjelasan logis.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:29
Last Modified: 20 Jan 2025 00:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348122

Actions (login required)

View Item View Item