Jannah, Iftakhul Kalimatul (2024) Pengembangan e- LKPD berbasis guided discovery learning pada materi ekosistem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas v / Iftakhul Kalimatul Jannah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran membutuhkan lembar kerja yang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis. Selama ini siswa sering mengalami kesulitan dalam menjawab soal yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis terutama pada indikator memberikan penjelasan sederhana dan membuat kesimpulan. Siswa menjawab dengan jawaban singkat tanpa memberikan penjelasan sederhana maupun menyebutkan contoh sesuai pertanyaan siswa juga kurang mampu mengemukakan kesimpulan dari hasil menyelidiki. LKPD yang ada kurang efektif dalam merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. LKPD yang digunakan belum memberikan tantangan yang cukup untuk memacu siswa berpikir secara mendalam dan analitis. Selain itu hasil analisis kebutuhan di SDIT Ahmad Yani Malang menunjukkan bahwa 50% siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran IPAS terutama materi Ekosistem dan sebanyak 65 4% siswa menganggap bahan ajar yang digunakan kurang cukup menunjang pembelajaran. Alternatif pemenuhan kebutuhan yakni pembuatan lembar kerja interaktif berupa LKPD yang tersusun dengan model pembelajaran berbantuan media gambar menarik dan langkah yang jelas serta terdapat soal yang melatih kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yakni mengembangkan E-LKPD berbasis guided discovery learning yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi Ekosistem siswa kelas V. Pengembangan menggunakan model Lee amp Owens (2004) yang terdiri dari lima tahapan yakni analysis design development dan evaluation. Hasil pengembangan produk dari ahli materi yakni 81% yang menunjukkan produk valid dengan revisi. Hasil yang diperoleh dari ahli berpikir kritis yakni 89% yang menunjukkan produk dinyatakan cukup valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan E-LKPD berbasis guided discovery learning diperoleh nilai terendah 50 dan tertinggi 62 sedangkan setelah menggunakan E-LKPD berbasis guided discovery learning diperoleh nilai terendah 62 dan tertinggi 73. Berdasarkan hasil diatas disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis guided discovery learning pada materi Ekosistem terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 May 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/348114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |