Pemanfaatan soal berbasis numerasi pada pembelajaran matematika Kelas v Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat / Ruhil Ismafitri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan soal berbasis numerasi pada pembelajaran matematika Kelas v Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat / Ruhil Ismafitri</p>

Ismafitri, Ruhil (2024) Pemanfaatan soal berbasis numerasi pada pembelajaran matematika Kelas v Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat / Ruhil Ismafitri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Keterampilan numerasi dibutuhkan dalam seluruh aspek kehidupan. Kemampuan numerasi membantu seseorang untuk memahami kegunaan matematika di dalam kehidupan sehari-hari untuk merumuskan menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep prosedur dan fakta untuk menggambarkan serta menjelaskan. Fokus penelitian ini yaitu mengkaji tentang 1) Konstruksi soal berbasis numerasi pada pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat 2) Pemanfaatan soal berbasis numerasi pada pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat 3) Faktor penghambat dan pendukung pemanfaatan soal berbasis numerasi pada pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat dan 4) Kontekstualisasi atau pemberian konteks soal berbasis numerasi pada pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat. Dimana peneliti menfokuskan kepada analisa terhadap soal-soal yang dipergunakan guru dalam membelajarkan numerasi kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Lokasi penelitian dilakukan pada tiga Sekolah Dasar di Kabupaten Lombok Barat yaitu SDN 3 Kuripan SDN 2 Jembatan Kembar Timur dan SDN 4 Dasan Geres. Hasil temuan dari ketiga sekolah tersebut menunjukkan Guru dalam mengkonstruksi soal berbasis numerasi mengacu kepada komponen-komponen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi namun masih dalam bentuk soal sederhana tanpa penyajian yang menarik dan lengkap seperti gambar infografis dan lainnya. Dalam pemanfataanya soal berbasis numerasi tidak dilakukan secara rutin dan sesuai kebutuhan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) saja. Kurangnya workshop dan referensi serta pendistribusian bahan ajar tentang numerasi di sekolah menjadi kendala signifikan dari pemanfaatan soal berbasis numerasi. Sedangkan faktor pendukung berupa situs online yang membahas contoh soal-soal numerasi dan bentuk konstekstualisasi soal berupa konteks personal sosial budaya dan saintifik yang masih minim.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348109

Actions (login required)

View Item View Item