Pengembangan media pembelajaran interaktif "kerkaba" berbasis game edukasi untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah / Nike Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif "kerkaba" berbasis game edukasi untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah / Nike Pratiwi

Pratiwi, Nike (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif "kerkaba" berbasis game edukasi untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah / Nike Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum dikembangkan untuk mewujudkan upaya memperbaiki mutu serta kualitas dari pendidikan sosial dan pembelajaran untuk menghadapi zaman yang terus berkembang. Sebagai salah satu usaha dalam penguatan pelaksanaan pendidikan dibutuhkan media belajar yang inovatif dan memuat materi secara keseluruhan serta nilai-nilai karakter siswa. Berdasarkan data tentang kualitas pendidikan indonesia terbukti dengan dikeluarkannya perangkingan oleh PISA (Programme for International Student Assesment) pada tahun 2019. Nilai matematika pendidikan di Indonesia menduduki peringkat ke-73 dari 79 negara (Schleicher 2018). Hasil PISA menunjukkan bahwa nilai matematika siswa di Indonesia kurang baik maka dari itu untuk meningkatkan kemampuan matematika diperlukan kemampuan siswa yang mengikuti zaman saat ini. Ditetapkan alternatif dengan menerapkan pengembangan media pembelajaran interaktif ldquo KERKABA rdquo berbasis game edukasi untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa. Tujuan diadakannya penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Interaktif ldquo KERKABA rdquo berbasis game edukasi yang layak dan valid serta teruji efektivitas dari hasil pengembangan dalam pemahaman konsep operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah. Pengembangan media pembelajaran ldquo KERKABA rdquo berbasis game edukasi ini menggunakan model Lee amp Owens yang telah disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu (1) tahap analisis (2) tahap desain (3) tahap pengembangan (4) tahap implementasi (5) tahap evaluasi. Berdasarkan penilaian dari ahli media ahli materi dan ahli konsep untuk mengetahui kevalidan kepraktisan kemenarikan dan keefektifan memenuhi kriteria kevalidan sebesar 88 86 % kepraktisan sebesar 85 67 % kemenarikan sebesar 87 2 % dan keefektifan dari hasil pretest dan posttest mengaplikasikan rumus Uji Mann-Whitney yang menunjukkan perolehan hasil Sig (2-tailed) yaitu 0 00 artinya lebih kecil dari 0 05 dan hasil ini berkategori efektif apabila nilai Sig (2-tailed) yang diperoleh lebih kecil dari lt 0 05. Sebagai saran media pembelajaran interaktif ldquo KERKABA rdquo Berbasis Game Edukasi ini masih dapat dikembangkan lebih mendalam lagi. Materi pembelajaran matematika yang dikembangkan dalam media pembelajaran interaktif ini hanya berfokus pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah saja untuk pengembangan lebih lanjut dapat ditambah yaitu operasi hitung perkalian dan pembagian pada semua jenis bilangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:29
Last Modified: 21 Jan 2025 02:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/348107

Actions (login required)

View Item View Item