Nugroho, Fanda (2015) Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Panjura Malang / Fanda Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nugroho Fanda. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS SMA Panjura Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.Tuhardjo S.E. M.Si. Ak.(II) Dr. Endang SA S.E. M.Si. Ak. Kata kunci model reciprocal teachimg media audio visual hasil belajar Untuk mencapai tujuan pembelajaran terdapat dua faktor utama yaitu model pembelajaran dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran merupakan upaya guru untuk meningkatkan minat dan motivasi yang secara tidak langsung akan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif media yang bisa digunakan adalah dengan media Audio Visual. Penggunaan model pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah dengan model pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi yang dilaksanakan di SMA Panjuara Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Is 4 dan XI Is 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji t Independent-Sample diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Model reciprocal teaching dengan menggunakan media audiovisual dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran di kelas. (2) Model reciprocal teaching dengan menggunakan media audiovisual dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas sistem pembelajaran dan fasilitas di sekolah. (3) Diharapkan agar para siswa lebih mandiri dan kreatif dalam mencari dan menggunakan sumber belajar. (4) Bagi penelitian selanjutnya agar dapat mengembangkan aspek hasil belajar supaya dapat diketahui pengaruhnya terhadap aspek hasil belajar keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34803 |
Actions (login required)
View Item |