Detya, Risa Alkurnia Prayana (2015) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan berbantuan ice breaker terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI SMA Laboratorium UM / Risa Alkurnia Prayana Detya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Detya Risa Alkurnia Prayana. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Berbantuan Ice Breaker Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd MSA (II) Ika Putri Larasati S.E. Mcom Kata kunci Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Ice Breaker Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Berdasarkan observasi awal di SMA Laboratorium UM permasalahan yang ditemukan di kelas yaitu proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan penugasan individu serta beberapa siswa nilai masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dari permasalahan tersebut penerapan model Pembelajaran merupakan upaya guru untuk membangun dan meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu alternatif model yang bisa diterapkan adalah dengan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) yang diharapkan dengan penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga hasil belajarnya memuaskan. Pada penelitian ini selain menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD akan menambahkan Ice Breaker ke dalam pembelajaran. Ice Breaker adalah game sederhana yang bertujuan untuk mengubah suasana kebekuan didalam kelas sehingga diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen kuasi yang dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2014/2015. Subyek yang diteliti adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan pretest-posttest group design dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji T (Independent Samples T-test) Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan (1) pada variabel hasil belajar terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen (Sig 0.001
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34800 |
Actions (login required)
View Item |