Cahyono, Candra Eko (2015) Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 2 Tulungagung / Candra Eko Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cahyono Candra Eko. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN 2 Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suparti M.P. (II) Dr. Sri Pujiningsih S.E M.Si Ak Kata Kunci Model Pembelajaran Project Based Learning Lesson Study Motivasi Belajar Hasil Belajar. Pentingnya peranan dunia pendidikan dalam mempersiapkan generasi yang aktif diperlukan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Melalui penerapan model pembelajaran project based learning siswa dilibatkan dalam penyelesaian tugas proyek serta penyajian hasil proyek untuk pengembangan kemampuan dan ketrampilan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study di kelas XI IPS 2 MAN 2 Tulungagung. (2) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Tulungagung setelah diterapkannya model pembelajaran project based learning berbasis lesson study dan (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Tulungagung setelah penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Tulungagung. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi kegiatan guru angket motivasi belajar siswa lembar observasi lesson study dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 66% dan pada siklus II mencapai 79%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 15% pada tes pra tindakan menjadi 32 5% pada tes evaluasi siklus I dan pada siklus II mencapai 82 5%. Dengan hasil yang tercapai tersebut dapat dinyatakan kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Tulungagung setelah penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka peneliti memberikan saran kepada (1) bagi guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study. (2) bagi sekolah penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study dapat digunakan sebagai pengembangan model pembelajaran bagi mata pelajaran yang lain dan (3) bagi peneliti selanjutnya Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan sekolah dan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34798 |
Actions (login required)
View Item |