Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Saulya Al Qurana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Saulya Al Qurana

Al Qurana, Saulya (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI KU 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Saulya Al Qurana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al qurana Saulya. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas XI Keuangan 2 Smk Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd. M.SA (2) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. AK CA Kata Kunci Model Pembelajaran Jigsaw Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik melalui model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran Akuntansi Keuangan pada kelas XI Ku 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi di setiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ku 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi tes wawancara catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw pada Standar Kompetensi Akuntansi terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar aspek kognitif dan asfek afektif siswa meningkat dengan kriteria keberhasilan baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Jigsaw karena meningkatkan ketergantungan positif antar siswa dan melatih siswa dalam belajar mandiri serta terampil dalam menjadi sumber belajar bagi siswa lain sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34797

Actions (login required)

View Item View Item