Imantaka, Andana (2015) Penerapan problem based learning berbasis lesson study pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X-Keuangan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Andana Imantaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Imantaka Andana. 2015. Penerapan Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X-Keuangan Di SMK Muhammadiah 5 Kepanjen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P. (II) Drs. H. Sumadi S.E. M.M. Kata Kunci Problem Based Learning Lesson Study Penelitian Tindakan Kelas Hasil Belajar. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif sudah sering dilakukan di kelas X-KU akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak dapat menghasilkan pembelajaran yang bermakna. Disisi lain hasil belajar yang diperoleh 60% peserta didik kelas X-KU belum mencapai KKM. Untuk itu perlu tindakan untuk mengatasi masalah tersebut melalui penelitian tindakan kelas penerapan Problem Based Learning berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menerapkan PBL berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh dua kesimpulan. Pertama penerapan Problem Based Learning berbasis lesson study di kelas X-KU terlaksana dengan baik. Indikator keberhasilan tercapai dalam dua siklus. Keberhasilan tersebut karena kolaborasi konsep PTK dan lesson study dapat lebih reflektif dalam melihat proses pembelajaran. Kedua Penerapan PBL berbasis lesson study dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik ranah kognitif maupun psikomotor. Pada ranah kognitif siklus I rata-rata kelas adalah 58 48 naik menjadi 82 67 pada siklus II. Untuk ranah psikomotor sisi individu rata-rata kelas pada siklus I adalah 62 02 naik menjadi 80 57 pada siklus II. Serta ranah psikomotor sisi kelompok rata-rata kelas siklus I adalah 88 5 naik menjadi 90 67 pada siklus II. Dari hasil penelitian disarankan beberapa hal diantara lain. Dalam pelaksanaan Problem Based Learning berbasis lesson study hendaknya diimplementasikan pada materi yang lainnya atau pada mata pelajaran lainnnya. Kegiatan lesson study hendaknya dilaksanakan sesering mungkin terprogram dan diawaasi minimal oleh kepala sekolah untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran. Untuk penelitian selanjutnya dapat ditambahkan variabel motivasi belajar sebagai pembuktian apakah problem based learning yang dikolaborasikan dengan lesson study ini juga dapat meningkatkan kemampuan afektif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34796 |
Actions (login required)
View Item |