Pengaruh penggunaan metode pembelajaran aktif tipe quiz team dan tingkat inteligensi siswa terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Laboratorium UM / Suluh Pradana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode pembelajaran aktif tipe quiz team dan tingkat inteligensi siswa terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Laboratorium UM / Suluh Pradana Putra

Putra, Suluh Pradana (2015) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran aktif tipe quiz team dan tingkat inteligensi siswa terhadap hasil belajar akuntansi di SMA Laboratorium UM / Suluh Pradana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra SuluhPradana. 2015.PengaruhPenggunaanMetodePembelajaranAktifTipe Quiz Team Dan Tingkat InteligensiSiswaTerhadapHasilBelajarAkuntansi di SMA Laboratorium UM. Skripsi JurusanAkuntansi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak.(II) Dr. H. CiptoWardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA. Kata kunci Model PembelajaranAktifTipeQuiz Team Tingkat Inteligensi dan HasilBelajar Hasilbelajarpadahakikatnyadipengaruhiolehbeberapafaktoryaitu internal daneksternal.Salah satufaktor internal adalahtingkatinteligensi yang dimilikisiswa.Faktorinilah yang mempengaruhisiswadalam proses berfikiruntukmendapatkanhasilbelajar yang baik. Sedangkanfaktoreksternal yang dapatmempengaruhihasilbelajarsiswaadalahmetode yang digunakanoleh guru dalampembelajaran.Metode yang tepat efektif danefisienakanmembantusiswadalambelajar di sekolah. Berdasarkanhaltersebuttujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui (1) pengaruh model pembelajaranaktiftipequiz teamterhadaphasilbelajar (2) pengaruhtingkatinteligensiterhadaphasilbelajar (3) interaksiantara model pembelajaranaktiftipequiz teamdantingkatinteligensiterhadaphasilbelajar. Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimendesainfaktorial 2x2.Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswa IIS SMA Laboratorium UM.Sampelpenelitianmenggunakanpurposive random samplingdimanakelas XI IIS 3 yang berjumlah 34 siswaditetapkansebagaikelaseksperimendankelas XI IIS 1 yang berjumlah 36 siswasebagaikelaskontrol. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahtesberupapretest-posttestdanstudidokumentasi data sekolahtentangskorinteligensisiswa.Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisisdeskriptif ujinormalitas ujihomogenitas danujihipotesismenggunakananalisisvarianduajalur( two way anova ). Berdasarkanhasilujitwo way anovadiperolehkesimpulanbahwaterdapatinteraksiantaraduavariabelbebasdansatuvariabelterikatyaitumetodepembelajaranaktiftipequiz team lebihberhasilmeningkatkanhasilbelajarsiswadengantingkatinteligensitinggidibandingkandengansiswatingkatinteligensirendah.Model pembelajaranaktiftipequiz teamdaninteligensisiswaberkaitansatusamalain siswadenganinteligensitinggidapatmengikuti model pembelajaranaktiftipequiz team yang diterapkanoleh guru denganbaikdibandingkandengansiswa yang memilikitingkatinteligensi yang rendah. Saran yang diajukandalampenelitianiniadalahdiharapkan guru berupayauntuklebihkreatifdaninovatifdalammenggunakanmetodepembelajaran yang tepat.Serta memperhatikanfaktor-faktor lain sehinggadapatmemperolehhasilbelajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34789

Actions (login required)

View Item View Item