Pengembangan e-modul berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Sumarni</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Sumarni</p>

Sumarni (2024) Pengembangan e-modul berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Sumarni</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tuntutan penguasaan kemampuan berpikir analitis dan kebutuhan siswa akan penguasaan materi pengelolaan sumber daya alam serta kebutuhan media dan perangkat digital menjadi hal yang perlu ditindaklanjuti untuk perkembangan kualitas pembelajaran. Pada proses pembelajaran di sekolah penyampaian materi berkaitan dengan sumber daya alam belum optimal. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya model dan bahan ajar yang digunakan guru untuk mendukung pembelajaran menyebabkan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Perlunya bahan ajar digital yang mengikuti perkembangan zaman dan karakteristik siswa saat ini agar dapat meningkatkan kemampuan analitis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis guided inquiry yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yakni Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Subjek yang digunakan untuk uji coba yakni siswa kelas XI SMAN 1 Grogol yang terdiri dari kelas XI Soshum 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Soshum 3 sebagai kelas kontrol. Penentuan subjek menggunakan Teknik simple random sampling sesuai saran guru pengampu geografi. Pengumpulan data menggunakan angket observasi wawancara dan tes. E-modul dilakukan uji validasi oleh validator ahli materi dan ahli media serta melalui respon dari guru dan siswa untuk memperoleh nilai kelayakan. Uji efektivitas menggunakan uji non parametrik yakni Mann-Whitney sesuai dengan hasil uji prasyarat bahwa data berdistribusi tidak normal dan bersifat homogen. Hasil uji kelayakan yang dilakukan validator diperoleh nilai persentase 97% dari validator ahli bahan ajar dan 86% dari validator ahli materi. Pengembangan e-modul berbasis guided inquiry memperoleh respon yang positif dari guru dan siswa dengan perolehan nilai persentase 89% kategori sangat layak untuk digunakan. Hasil uji efektivitas e-modul berbasis guided inquiry diperoleh nilai 0 014 menunjukkan bahwa e-modul berbasis guided inquiry efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa hal ini juga didukung dengan perolehan nilai post test kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian e-modul berbasis guided inquiry sangat layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347851

Actions (login required)

View Item View Item