Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen, Kabupaten Malang pada mata pelajaran akuntansi / A. Fani Alfian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen, Kabupaten Malang pada mata pelajaran akuntansi / A. Fani Alfian

Alfian, A. Fani (2015) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen, Kabupaten Malang pada mata pelajaran akuntansi / A. Fani Alfian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfian Ahmad Fani. 2015. Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sunaryanto M.Ed. (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak CA Kata kunci Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Lingkungan Belajar Hasil Belajar Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang berdirinya suatu bangsa. dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu memperbaiki mutu pendidikan. Berbicara tentang mutu pendidikan tidak akan lepas dari kegiatan belajar. Hasil kegiatan belajar yang diharapkan adalah prestasi belajar yang baik. Setiap orang pasti mendambakan prestasi belajar yang tinggi baik orang tua siswa maupun guru. Salah satu komponen dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah peran serta guru. Oleh karena itu guru dituntut untuk lebih memahami kondisi siswa dalam berbagai aspek dan menguasai materi-materi yang akan diajarkan. Kompetensi pedagogik guru lah yang dibutuhkan dalam hal ini. Di sisi lain peran serta lingkungan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar juga berpengaruh dalam usaha meningkatnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kompetensi pedagogik guru dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah eksplanasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen dengan subjek penelitian siswa kelas X sampai XII Akuntansi yang berjumlah 64 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa sehingga kompetensi pedagogik dapat dijadikan salah satu tolok ukur untuk meningkatkan hasil belajar. Hal ini menandakan bahwa kompetensi pedagogik guru merupakan pemicu dalam keberhasilan mencapai hasil belajar yang baik. Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar namun karena nilai koefisien regresi yang kecil maka lingkungan belajar belum bisa dijadikan faktor utama untuk meningkatan hasil belajar. Kompetensi pedagogik guru mempunyai pengaruh yang dominan terhadap hasil belajar siswa SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Hal ini menandakan bahwa kompetensi pedagogik guru merupakan pemicu terbesar dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34784

Actions (login required)

View Item View Item