Penerapan metode numbered heads together (NHT) berbasis lesson study (LS) sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa pada materi akuntansi kelas X AK di SMK Muhammadiyah 5 Singosari tahun ajaran 2014/2015 / Albertus Agta - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode numbered heads together (NHT) berbasis lesson study (LS) sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa pada materi akuntansi kelas X AK di SMK Muhammadiyah 5 Singosari tahun ajaran 2014/2015 / Albertus Agta

Agta, Albertus (2015) Penerapan metode numbered heads together (NHT) berbasis lesson study (LS) sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa pada materi akuntansi kelas X AK di SMK Muhammadiyah 5 Singosari tahun ajaran 2014/2015 / Albertus Agta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agta Albertus. 2015. Penerapan Metode Numbered Heads Together (NHT) berbasis Lesson Study sebagai upaya Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Akuntansi Kelas X AK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci Numbered Head Together Lesson Study Aktivitas Hasil Belajar. Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk keberhasilan dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran yang baikdan menerapkan metode pembelajaran yang relevan dengan bahan ajar yang akan diajarkan kepada siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti pada saat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhammadiyah 3 Singosari selama ini guru akuntansi hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah diskusi tanya jawab dan pemberian tugas-tugas.Hal ini membuat siswa cenderung pasif serta pada saat pembelajaran berlangsung terdapat beberapa siswa yang melakukan aktivitas di luar pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan mengatasi hal tersebut adalah menggunakan metode Numbered Head Together. Dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas serta hasil belajar akuntansi kelas X AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 3 Singosari.Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang di kumpulkan melalui tes observasi dan dokumentasi dan format Lesson Study. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus sebesar 24.36%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari hasil tes siklus satu ke siklus dua hal ini ditunjukkan dengan peningkatan sebesar 15.46% untuk siswa yang mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Numbered Head Together berbasis Lesson Study di kelas X AK terlaksana dengan baik. Keberhasilan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa telah terlihat. Selain itu tim Lesson Study sangat berperan sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Peneliti menyarankan (1) Bagi sekolah hendaknya lebih memperhatikan infrastruktur sekolah (2) Bagi guru mata pelajaran akuntansi agar lebih banyak menerapkan metode-metode pembelajaran supaya siswa tidak merasa jenuh saat mengikuti proses pembelajaran akuntansi di sekolah. Sebagai alternatif metode Numbered Head Together dapat menjadi pilihan dalam praktik pembelajara (3) Bagi peneliti selanjutnya supaya meneliti lebih lanjut dengan menggunakan metode Numbered Head Togetheryang dikombinasikan dangan metode pembelajaran yang lainnya dengan berbasis Lesson Study pada tempat dan subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34772

Actions (login required)

View Item View Item