Andriyani, Fitriya (2015) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam bembelajaran akuntansi keuangan (studi pada kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pasuruan) / Fitriya Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andriyani Fitriya. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Keuangan (Studi Pada Kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. A Ak (II) Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Model Pembelajaran Jigsaw Aktivitas Belajar Hasil Belajar Hasil observasi awal yang telah dilakukan di kelas XIAkuntansi 2 SMK Negeri 1 Pasuruan menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran diskusi tampak besarnya ketergantungan negatif antar siswa. Pembelajaran tersebut dirasa kurang efektif melatih siswa belajar mandiri sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Dengan demikian penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan aktivitas belajar siswa agar mencapai hasil belajar yang lebih baik melaluimodel pembelajaran Jigsawdalam pembelajaran akuntansi keuangan pada kelas XI Ak 2 SMKN 1 pasuruan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Ak 2SMK Negeri 1 Pasurunsemester genap tahun ajaran 2014/2015yang berjumlah 33 orang. Tahap dalam penelitian ini (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4)refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal pre test dan post test (2) lembar Lesson Study (3) pedoman observasi aktivitas belajar siswa (4) pedoman observasi hasil belajar aspek afektif dan psikomotor (5) catatan lapangan dan (6) angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw pada Standar Kompetensi Akuntansi Persediaanterdapat peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar. Pada siklus I aktivitas belajar siswa menunjukkan 7 dari 10 indikator telah tercapai dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu semua indikator telah tercapai. Sedangkan rata-rata hasil belajarsiswa aspekafektif pada siklus I menunjukkan masih terdapat 1 siswa yang tidak mendengarkan penjelasan dari guru 7 siswa yang tidak konsentrasi dan kurang aktif bertanya serta memberi pendapat dan 4 siswa yang tidak berani untuk menyampaikan pendapat saat presentasi di kelasdan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu semua indikator aspek afektif telah tercapai. Rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 62 48dengan ketuntasan klasikal sebesar 54 54 % dari 18 siswa yang tuntas belajar dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar75 30 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87 87% dari 29 siswa yang tuntas belajar.Sedangkan pada aspek psikomotor siklus 1 menunjukkan 2 siswa yang masih belum mempersiapakan dokumen dengan baik 3 siswa yang masih kurang tepat dalam menerapkan teori akuntansi persediaan dan 3 siswa yang kurang tepat dalam mengumpulkan data dan informasi akuntansi persediaan. Aspek psikomotor ini mengalami peningkatan pada siklus II yaitu semua indikator telah tercapai oleh lebih dari 85% siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Jigsaw karena meningkatkan ketergantungan positif antar siswa dan melatih siswa dalam belajar mandiriserta terampil dalam menjadi sumber belajar bagi siswa lain sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34770 |
Actions (login required)
View Item |