Ulfa, Ika Marliana (2015) Pengembangan modul akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual untuk kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Ika Marliana Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ulfa Ika Marliana. 2014. Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Cipto W S.E M.Pd M.Si Ak. (II) Hj. Yuli Widi Astuti S.E M.Si. Ak. Kata Kunci Pengembangan modul pembelajaran kontekstual. Tujuan dari pembelajaran adalah agar siswa berhasil menguasai kompetensi yang telah ditentukan dengan optimal. Namun karena adanya perbedaan kecepatan dari masing-masing individu siswa maka diperlukan suatu bentuk pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut yaitu melalui pembelajaran modul. Modul dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar secara individual. Melalui pembelajaran modul diperoleh beberapa keuntungan antara lain meningkatkan motivasi belajar siswa dapat mengetahui tingkat penguasaannya siswa dapat menyesuaikan dengan kemampuannya materi lebih merata dan pendidikan lebih berdaya guna. Selain itu modul yang disusun secara kontekstual atau dekat dengan situasi lingkungan siswa juga akan memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran akuntansi berbasis pembelajaran kontekstual yang telah melalui proses validasi sehingga dinyatakan layak sebagai bahan ajar. Pengembangan modul ini disusun dengan kerangka modul yang terdiri dari cover kata pengantar daftar isi glosarium standar kompetensi dan kompetensi dasar deskripsi waktu prasyarat petunjuk penggunaan modul tujuan akhir tujuan materi rangkuman tugas dan tes soal evaluasi kunci jawaban pedoman penilaian dan daftar pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuisioner. Jenis angket yang digunakan merupakan angket tertutup dan terbuka. Angket tertutup menghasilkan jenis data kuantitatif yaitu skor hasil validasi modul pembelajaran akuntansi oleh validator dengan menggunakan skala Likert. Angket terbuka menghasilkan jenis data kualitatif yaitu berupa komentar dan saran validator terhadap modul pembelajaran. Selanjutnya data kuantitatif yang diperoleh tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Data analisis validasi menghasilkan skor persentase sebesar 93 08% dari validasi ahli materi 72 78% dari validasi ahli desain dan 80 19% dari uji coba lapangan terbatas sehingga secara keseluruhan diperoleh rata-rata persentase sebesar 82 02% yang berarti bahwa modul hasil pengembangan ini dinyatakan valid/layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini diharapkan dapat ditindak lanjuti hingga pada tahap pengujian efektifitas penggunaan modul akuntansi untuk mengetahui keefektifan modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta supaya dapat dikembangkan modul dengan kompetensi lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34761 |
Actions (login required)
View Item |