Putro, Maulana Nur Antoro (2024) Pengaruh relevansi tempat prakerin, pengalaman bermakna saat praktikum dan iklim kelas terhadap kematangan vokasional siswa SMK di Kota Blitar / Maulana Nur Antoro Putro</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Putro Maulana Nur Antoro. 2023. Pengaruh Relevansi Tempat Prakerin Pengalaman Bermakna Saat Praktikum dan Iklim Kelas Terhadap Kematangan Vokasional Siswa SMK Di Blitar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Eng. Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. (2) Lismi Animatul Chisbiyah S.Pd. M.Pd. Ph.D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan antara relevansi tempat prakerin (X1) pengalamaan bermakna saat praktikum (X2) dan iklim kelas (X3) terhadap kematangan vokasional (Y) baik secara parsial maupun simultan serta mendeskripsikan masing-masing variabel X1 X2 X3 dan Y. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian deskriptif korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Kota Blitar yang terdiri dari 251 siswa dengan sampel sebesar 155 siswa. Data yang diperoleh diuji dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini adalah relevansi tempat prakerin (X1) dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 91 siswa (58 3%) pengalaman bermakna saat praktikum (X2) dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 90 siswa (57 6%) iklim kelas (X3) dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 91 siswa (58 5%) dan kematangan vokasional (Y) dalam kategori sangat tinggi sebesar 96 siswa (61 8%) Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara relevansi tempat prakerin terhadap kematangan vokasional sebesar 20% sedangkan hubungan antara pengalaman bermakna pada saat praktikum terhadap kematangan vokasional sebesar 33% dan hubungan antara iklim kelas terhadap kematangan vokasional sebesar 45%. Sehingga sumbangan efektif variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 98%. . Kesimpulan dari peneitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara relevansi tempat prakerin dengan kematangan vokasional siswa SMK di Kota Blitar terdapat hubungan antara pengalaman bermakna saat praktikum terhadap kematangan vokasional siswa SMK di Kota Blitar terdapat hubungan antara iklim kelas terhadap kematangan vokasional siswa SMK di Kota Blitar terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara relevansi tempat prakerin pengalaman bermakna saat praktikum dan iklim kelas terhadap kematangan vokasional siswa SMK di Kota Blitar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |