Saputra, Rio Andria (2015) Pengaruh kebiasaan belajar, persepsi siswa tentang fasilitas belajar, dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS MAN 02 Batu / Rio Andria Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saputra Rio Andria. 2014. Pengaruh Kebiasaan Belajar Persepsi Siswa tentang Fasilitas Belajar dan Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS MAN 02 Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bety Nur Achadiyah S.Pd M.Sc Pembimbing (2) Ika Putri Larasati S.E M.com Kata kunci Kebiasaan Belajar Persepsi Fasilitas Belajar Interaksi Sosial Teman Sebaya Prestasi Belajar. 12288 12288 12288 12288 Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pendidikan memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk menjamin kelangsungan kehidupan dan perkembangan bangsa itu sendiri. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu contoh faktor internal adalah kebiasaan belajar. Sedangkan faktor eksternal yaitu penggunaan fasilitas belajar dan interaksi sosial teman sebaya. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori cognitive development yang dikemukakan oleh Piaget teori belajar behavioristik yang dikemukakan oleh Gage Berliner dan teori hasil interaksi (interaction outcome theory) dari Thibaut Kelley. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS MAN 02 Batu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 02 Batu sejumlah 132 siswa dan dengan teknik proportional random sampling digunakan sampel sejumlah 57 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kebiasaan belajar persepsi siswa tentang fasilitas belajar dan interaksi sosial teman sebaya sedangkan dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar akuntansi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 22 for windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan persepsi siswa tentang fasilitas belajar. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin meningkat kebiasaan belajar pemanfaatan fasilitas belajar oleh siswa dan interaksi sosial antar teman sebaya maka akan naik pula prestasi belajar siswa dan begitu pula sebaliknya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar siswa lebih membiasakan belajar teratur memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah sebaik-baiknya dan meningkatkan interaksi antar teman untuk meningkatkan prestasi belajar. Bagi sekolah agar lebih meningkatkan fasilitas belajar serta guru ikut andil membantu siswa dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan kebiasaan belajar dan interaksi antar teman sebaya. Serta untuk peneliti lain untuk lebih memperluas variabel penelitian dan menambahkan jumlah populasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34749 |
Actions (login required)
View Item |