Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pairs check dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi / Iis Alfiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pairs check dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi / Iis Alfiani

Alfiani, Iis (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pairs check dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi / Iis Alfiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alfiani Iis. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Check dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E M.si. Ak (II) Dr. Nurika. Restuningdiah S.E. Msi. Ak CA. Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Check Motivasi belajar Hasil Belajar Akuntansi Hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif afektif dan psikomotoris. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal adalah motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Faktor inilah yang mendorong siswa bekerja lebih giat untuk mencapai tujuan belajar. Sedangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Metode yang tepat efektif dan efisien akan membantu siswa belajar dengan baik. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pairs check terhadap hasil belajar (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe pairs check dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yaitu factorial design 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket motivasi belajar serta tes berupa pretest dan posttest kepada seluruh siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan two way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe pairs check berpengaruh positif terhadap hasil belajar (2) motivasi belajar yang tinggi berpengaruh positif terhadap hasil belajar (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe pairs check dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari peneilitian ini adalah baik model pembelajaran yang diterapkan oleh seorang guru maupun motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa sama-sama memiliki peran penting untuk ketercapaian hasil belajar yang optimal. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru sebaiknya menggunakan alternatif model pembelajaran yang tepat serta memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal atau sesuai yang di harapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34745

Actions (login required)

View Item View Item