Penerapan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Malang / Nur indana Zulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Malang / Nur indana Zulfa

Zulfa, Nur Indana (2015) Penerapan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Malang / Nur indana Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indana Zulfa Nur. 2009. Penerapan Metode Silih Tanya Antar Siswa Berbantuan Kartu Model Pada Pembelajaran Akuntansi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triadi Agung Sudarto S.E. M.Si. Ak (II) Sriyani Mentari S.Pd. MM. Kata Kunci Penerapan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model Hasil belajar Proses pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Malang masih didominasi oleh metode konvensional yaitu menggunakan ceramah pemberian tugas secara individu dan latihan soal yang masih mengacu pada buku sehingga siswa sering mengalami kejenuhan dan tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Siswa tidak terbiasa untuk aktif dan kreatif serta bersikap pasif di kelas sehingga aktivitas belajar siswa menjadi tidak maksimal. Hal ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara keseluruhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Malang pada semester genap tahun pelajaran 2008/2009 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 Negeri 2 Malang. Metode pembelajaran yang dipakai dalam penelitian ini adalah silih tanya antar siswa berbantuan kartu model sedangkan analisis data yang digunakan meliputi tahap reduksi data menyajikan data verifikasi data atau menarik kesimpulan. Secara keseluruhan penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran Akuntansi di SMAN 2 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi proses secara keseluruhan persentase proses pembelajaran silih tanya pada siklus I sebesar 79 24% dengan taraf keberhasilan baik meningkat menjadi 87 94% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Dari segi hasil diketahui bahwa persentase hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata kelas yang diperoleh adalah sebesar 82 4% dengan taraf ketuntasan klasikal sebesar 92 3% sedangkan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 86 7% dengan taraf ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode silih tanya antar siswa berbantuan kartu model dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Malang. Dalam menerapkan metode silih tanya pada pembelajaran akuntansi guru disarankan untuk menerapkan metode ini sebagai pendalaman materi dari beberapa pertemuan sebelumnya dan menjadikan metode ini sebagai metode alternatif dalam pembelajaran akuntansi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta melatih siswa untuk kreatif kompetitif dan kooperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34744

Actions (login required)

View Item View Item