Pengembangan media pembelajaran trainer mikrokontroler berbasis arduino untuk meningkatkan pemahaman dan efektivitas penggunaannya untuk siswa SMK / Ferry Cahyo Susilo</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran trainer mikrokontroler berbasis arduino untuk meningkatkan pemahaman dan efektivitas penggunaannya untuk siswa SMK / Ferry Cahyo Susilo</p>

Susilo, Ferry Cahyo (2022) Pengembangan media pembelajaran trainer mikrokontroler berbasis arduino untuk meningkatkan pemahaman dan efektivitas penggunaannya untuk siswa SMK / Ferry Cahyo Susilo</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era teknologi seperti saat ini untuk semua bidang sudah menggunakan teknologi pada bidang pendidikan sudah menerapkan teknologi. SMK sebagai jalur pendidikan formal mempunyai peranan sangat penting dalam mencetak generasi penerus yang mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Media pembelajaran yang berkembang saat ini sangat erat hubungannya dengan dunia teknologi banyak ide-ide baru dalam proses belajar mengajar dengan media. Trainer mikrokontroler merupakan salah satu media yang dapat digunakan siswa dalam mendalami materi pelajaran mikrokontroler siswa tidak hanya belajar dari buku dan animasi namun bisa belajar langsung mengenai mikrokontroler. Adapun tujuan pengembangan pada penelitian adalah Mengetahui kegunaan media pembelajaran trainer mikrokontroler berbasis arduino yang dikembangkan untuk siswa smk valid layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Model penelitian pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dijelaskan ada lima tahap dalam penelitian dan pengembangan yaitu Analysis Design Development Implementation Evaluation yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes tulis. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner instrument untuk ahli materi instrument untuk ahli media dan instrumen tes tulis pemahaman. Metode untuk analisis data ada beberapa validasi antara lain validasi media berpedoman dari skor penilaian skala likert analisis tanggapan siswa menggunakan penilaian skala guttman pengambilan keputusan yang dikonversi berpedoman dari Arikunto dan analisis hasil pretes dan postes siswa menggunakan uji normalitas uji homogenitas uji T. Dari hasil validasi ahli media memperoleh nilai persentase 94% dengan kategori sangat layak. Untuk validasi ahli materi dari pengajar teknik ototronik SMK Negeri 2 Tulungagung memperoleh nilai persentase 81 25% dengan kategori layak. Uji coba kelompok kecil dengan subjek sebanyak 10 siswa kelas XII TOT 1 dan XII TOT 2. Hasil dari uji coba kelompok kecil memperoleh nilai persentase 87 50% dengan kategori sangat layak. Uji coba kelompok besar dengan subjek kelas eksperimen XII TOT 1 sebanyak 33 siswa dan kelas kontrol XII TOT 2 sebanyak 33 siswa. Hasil uji kelompok besar memperoleh nilai persentase 88 07% dengan kategori sangat lanyak. Pada kelas eksperimen mean pretest mendapat nilai 72 55 dan mean posttest mendapat nilai 85 25 disini terjadi kenaikan sebesar 12 73 dapat disimpulkan bahwa nilai dari kelas eksperimen nilainya berada diatas KKM. Dari hasil pengembangan produk yang dikembangkan memperoleh nilai persentase kelayakan valid dan efektif yang tinggi sehingga layak digunakan untuk pembelajaran siswa XII TOT di SMKN 2 Tulungagung.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347438

Actions (login required)

View Item View Item