Risky, Wegi Febri Mangku (2022) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa SMKN 2 Tulungagung untuk bekerja di industri / Wegi Febri Mangku Risky</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Risky Wegi Febri Mangku. 2022. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa SMKN 2 Tulungagung untuk Bekerja di Industri. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Didik Nurhadi S.Pd. M.Pd. Ph.D. (II) Dr. Nunung Nurjanah M. Kes. Kata kunci kepercayaan diri SMK soft skills hard skills bekerja di industri Secara tidak langsung kepercayaan diri seseorang akan berpengaruh terhadap kompetensi yang akan dihasilkan. Percaya diri menjadi salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Perbedaan tingkat kepercayaan diri siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa SMKN 2 Tulungagung untuk bekerja di industri. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SMK Negeri 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk naratif. Paparan data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah menguraikan hasil interview yang diperoleh dari ketua kelas siswa kelas XII SMKN 2 Tulungagung yang berjumlah 8 siswa dari 8 program keahlian. Metode untuk mengetahui keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas atau validitas internal dengan menggunakan metode triangulasi data. Metode triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Proses analisis menggunakan teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berharap laporan hasil belajar dideskripsikan secara terperinci jelas dan transparan sehingga dapat memperkuat keyakinan terhadap diri sendiri. Kemampuan berkomunikasi dan berbahasa yang baik dapat mempengaruhi kepercayaan diri siswa. Dukungan dari orang tua sangat berpengaruh dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi terhadap kompetensi yang dikuasai siswa merasa yakin dan siap untuk bekerja di industri. Mental maupun fisik yang kuat disertai dengan perencanaan karir yang matang maka siswa akan merasa siap dan percaya diri untuk bekerja di industri. Cara berpenampilan yang sopan berpakaian rapi dan mengekspresikan diri sebaik mungkin didepan orang lain akan mampu menumbuhkan rasa kepercayaan diri siswa. Dengan yakin terhadap diri sendiri mampu memenuhi target dan proyek yang diberikan oleh guru maka siswa tersebut akan sangat percaya diri terhadap kompetensi yang dimiliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 7 faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa SMKN 2 Tulungagung untuk bekerja di industri. Faktor-faktor tersebut dapat dideskripsikan sebagai berikut yaitu prestasi belajar soft skills dukungan lingkungan sosial hard skills kesiapan kerja body image dan self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |