Analisis program tefa school bank untuk membentuk kompetensi peserta didik komli akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Dyah Esti Rahayu</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis program tefa school bank untuk membentuk kompetensi peserta didik komli akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Dyah Esti Rahayu</p>

Rahayu, Dyah Esti (2022) Analisis program tefa school bank untuk membentuk kompetensi peserta didik komli akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Dyah Esti Rahayu</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahayu Dyah Esti. 2022 Analisis Program Tefa School Bank untuk Membentuk Kompetensi Peserta Didik Komli Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yoto S.T. M.Pd. (2) Marsono S.Pd.T. M.Pd. Ph.D. Kata Kunci program TEFA school bank kompetensi peserta didik Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh program TEFA School Bank dalam membentuk kompetensi peserta didik Komli Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung.Dalam hal ini School Bank saat ini satu-satunya yang digunakan untuk TEFA dimana DUDIKA terlibat secara langsung baik dalam peralatan pengaturan lokasi dan aturan yang diberlakukan di School Bank sementara di sekolah lain masih dikelola oleh sekolah itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini meliputi Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ketua Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga guru produktif Akuntansi dan Keuangan Lembaga dan Peserta Didik Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data digunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada lima model pelayanan transaksi yang digunakan di School Bank yaitu Tangibles Reliability Responsiveness Empathy dan Assurance. Dimana Tangibles yaitu peralatan yang memadai tertata bersih dan rapi. Reliability yaitu ketepatan waktu dalam pelayanan. Responsiveness yaitu pelayanan prima untuk membantu nasabah. Emphaty yaitu sikap petugas yang sabar dan simpatik. Assurance yaitu sikap pelayanan yang sopan dan ramah. Dari hasil penelitian ditemukan adanya dampak negatif pelaksanaan program TEFA School Bank diantaranya a) aturan tentang legalitas unit pelayanan b) persepsi orang tua c) waktu pelayanan jasa yang lama. Selebihnya dampak positif pelaksanaan program TEFA School Bank dalam meningkatkan kompetensi peserta didik diantaranya a) biaya jasa yang diberlakukan sesuai dengan standar dari DUDIKA mitra b) kualitas hasil kerja peserta didik c) motivasi pengurus dan d) komunikasi sesama guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347418

Actions (login required)

View Item View Item