Analisis penggunaan sistem pembelajaran daring pada program PPG keahlian TKI dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) / Felix Andika Dwiyanto</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan sistem pembelajaran daring pada program PPG keahlian TKI dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) / Felix Andika Dwiyanto</p>

Dwiyanto, Felix Andika (2022) Analisis penggunaan sistem pembelajaran daring pada program PPG keahlian TKI dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) / Felix Andika Dwiyanto</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu aplikasi TIK dalam pembelajaran jarak jauh adalah Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA). Aplikasi ini bertujuan untuk mengakomodasi pembelajaran program pendidikan profesi guru (PPG). Aplikasi ini digunakan pada tahap awal program yang menghabiskan waktu selama 12 minggu. Karena peranannya yang penting butuh suatu proses untuk menguji dan mengevaluasi seberapa baik kualitas sistem intensi pengguna untuk memakai sistem informasi dan perilaku pemakaian setelahnya. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem yang berguna untuk menjelaskan perbedaan penggunaan dan penerimaan tersebut sehingga akan menghasilkan suatu umpan balik yang dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan ataupun memperbaiki sistem lebih baik sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mengadopsi model unified theory of acceptance and use of technology 2 (UTAUT2). Model ini berguna untuk memahami dan mengeksplorasi persepsi dan penerimaan teknologi. Dalam penerapannya terdapat sembilan variabel yang digunakan dalam model evaluasi UTAUT2 diantaranya performance expectancy effort expectancy social influence facilitating condition hedonic motivation price value habit behavioral intention dan use behavior. Dari variabel tersebut akan disusun instrumen penelitian berupa kuesioner yang akan diberikan kepada peserta PPG jurusan teknik komputer dan informatika. Lebih lanjut analisis jalur digunakan untuk menganalisa data yang didapatkan dan mengetahui hubungan kausal tujuannya untuk mengetahui hubungan antara variabel eksogen dan endogen. Analisis ini merupakan model regresi dan bisa digunakan untuk menganalisis hubungan kausal antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan tidak semua variabel endogen berkontribusi signifikan terhadap variabel eksogen. Oleh karena itu pengembangan dalam konten maupun fitur SPADA diperlukan agar menambahkan ketertarikan pengguna. Selain itu perlu dipertimbangkan untuk pre-asesmen sebelum penggunaan SPADA khususnya untuk yang tidak berasal dari program TKI. Hal ini untuk menguji sejauh mana pemahaman peserta dalam penggunaan sistem untuk pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/347406

Actions (login required)

View Item View Item