Merintasari, Ferry (2014) Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi profesionalisme guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar pada mata pelajaran akuntansi (studi pada siswa kelas IX IPS di SMA Negeri 1 Blitar) / Ferry Merintasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Merintasari Ferry.2014.Pengaruh Persepsi Siswa mengenai Kompetensi Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi (Studi pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Blitar).Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Sunaryanto M.Ed. (2) Dr. Puji Handayati S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Persepsi siswa mengenai kompetensi profesionalisme guru motivasi belajar prestasi belajar. Persepsi adalah suatu proses individu dalam penginderaan yang mengarah kepada pemberian makna terhadap lingkungannya. Kompetensi profesionalisme guru adalah kemampuan (baik pengetahuan sikap dan keterampilan) yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk melaksanakan dan mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai siswa dari mempelajari ilmu pengetahuan dalam usaha merubah diri menjadi semakin baik dan mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung persepsi siswa mengenai kompetensi profesionalisme guru terhadap prestasi belajar pengaruh secara langsung persepsi siswa mengenai kompetensi profesionalisme guru terhadap motivasi belajar pengaruh secara langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa mengenai kompetensi profesionalisme guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian eksplanasi. Teknik pengambilam sampel dilakukan dengan random selection sebanyak 87 siswa dari total populasi 116 siswa. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah (1) terdapat pengaruh secara langsung persepsi siswa mengenai kompetensi profesionalisme guru terhadap motivasi belajar (2) terdapat pengaruh secara langsung persepsi siswa mengenai kompetensi profesionalisme guru terhadap motivasi belajar (3) terdapat pengaruh secara langsung motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) terdapat pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal diantaranya adalah (1) Semua guru akuntansi terus meningkatkan kompetensi profesionalismenya (2) Peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperluas populasi serta permasalah terkait dengan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34736 |
Actions (login required)
View Item |