Supriyanti, Dian Fatma (2022) Makna implementasi pendidikan ekonomi keluarga berlandaskan nilai-nilai Pancasila Masyarakat Dusun Mantong Kelurahan Sumbertaman Kota Probolinggo / Dian Fatma Supriyanti</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Supriyanti Dian Fatma. 2022. Makna Implementasi Pendidikan Ekonomi Keluarga Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila Masyarakat Dusun Mantong Keluarhan Sumbertaman Kota Probolinggo. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (II) Prof. Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. Kata kunci pendidikan ekonomi nilai-nilai pancasila makna implementasi Beberapa permasalahan yang ditemukan peneliti di dusun Mantong terkait penerapan pendidikan ekonomi diantaranya orang tua membiarkan anak meminta uang jajan dalam jumlah besar tanpa menanyakan tujuan penggunaan uang berbelanja tidak berdasar prioritas kebutuhan melainkan keinginan orang tua memaksakan diri menuruti keinginan anak membeli barang diluar kemampuan membeli anak berbohong dalam penggunaan uang hanya karena tidak ingin dimarahi orang tua memilih berhutang untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Dibutuhkan kesadaran akan pentingnya peran orang tua dalam mengajarkan pendidikan ekonomi ekonomi keluarga berlandaskan nilai-nilai Pancasila kepada anak agar tidak terjadi perilaku ekonomi yang meyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan pendidikan ekonomi keluarga berlandaskan nilai-nilai Pancasila masyarakat dusun Mantong kelurahan Sumbertaman kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian dilakukan di dusun Mantong kelurahan Sumbertaman kota Probolinggo. Subjek penelitian yaitu masyarakat yang memiliki kriteria latar pendidikan SMA dan memiliki anak berusia 14-17 tahun . Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data diri masyarakat dusun Mantong. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan saling bekerja sama dalam mengelola keuangan dengan baik. Proses pendidikan ekonomi keluarga berlandaskan nilai-nilai Pancasila yang diterapkan masyarakat dusun Mantong berupa penjelasan terkait aktivitas konsumsi aktivitas produksi aktivitas distribusi dan pengelolaan keuangan. Makna implementasi pendidikan ekonomi keluarga berlandaskan nilai-nilai Pancasila masyarakat dusun Mantong berupa nilai-nilai yang ditekankan orang tua yaitu bersikap jujur dalam setiap bersikap dan berperilaku ekonomi dengan mencatat setiap kebutuhan dan menetapkan prioritas dari barang yang akan dibeli tidak memaksakan diri dalam melakukan pembelian apabila belum mampu menolong sesama sesuai dengan kemampuan yang dimiliki bertanggungjawab atas setiap keputusan ekonomi yang dipilih dan bersikap hemat dan gemar berbagi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |