Suseno, Wahyu Rizki Aris (2022) Internalisasi moralitas ekonomi pancasila dalam perilaku ekonomi mahasiswa S2 pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang / Wahyu Rizki Aris Suseno</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Internalisasi merupakan suatu proses nilai berupa penghayatan binaan dan doktrin yang dapat diperoleh melalui berbagai jalur pendidikan. Dalam kaitannya dengan perilaku ekonomi manusia internalisasi nilai tidak terlepas dari adanya kajian mengenai moralitas khususnya dalam moralitas ekonomi pancasila. Karena dalam sebuah kehidupan manusia perlu mengembangkan sikap perhatian penghargaan dan kepedulian terhadap oranglain tentunya dengan tetap menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam prakteknya. Manusia dalam kesehariannya telah tumbuh dalam dunia yang memiliki pertimbangan moral. Pertimbangan ini telah dilalui setiap hari oleh setiap individu dengan memperhatikan perilaku orang lain. Hasil yang diperoleh bahwa saat ini mahasiswa mulai memahami pentingnya moralitas ekonomi dalam perilaku ekonomi. Ada prinsip yang mereka pegang sebagai pengingat dalam melakukan suatu hal. Prinsip tersebut berbeda-beda pada setiap mahasiswa ada yang memegang prinsip agama maupun prinsip lain yang mereka serap dari kehidupan sosial di lingkungan mereka. Kaitannya dalam perilaku ekonomi peneliti mencoba melihat sebuah konsep perilaku moralitas ekonomi Pancasila dimana perilaku ekonomi Pancasila merupakan sebuah perilaku ekonomi yang mengacu pada nilai-nilai Pancasila berdasar pada penjabaran dari pada masing-masing sila. Dengan landasan utamanya yaitu Pancasila dimana dalam berperilaku ekonomi tentunya nilai-nilai Pancasila berdasar pada penjabaran masing-masing sila harus dimunculkan guna mewujudkan sebuah kehidupan yang adil dan manusiawi bagi seluruh rakyat Indonesia. Terlebih saat ini makin parahnya degradasi moral dari bangsa Indonesia dalam wujud makin banyaknya beberapa perilaku ekonomi yang mengabaikan nilai-nilai keutamaan tersebut. Subjek penelitian atau mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi tersebut dikatakan memiliki moralitas ekonomi dalam perilaku ekonominya ketika mahasiswa tersebut dapat mempertimbangkan segala baik dan buruk dalam segala tindak ekonominya. Selain itu subjek penelitian atau mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi tersebut dikatakan memiliki moralitas ekonomi pancasila dalam perilaku ekonominya yaitu ketika para mahasiswa tersebut dapat berperilaku sesuai dengan sila-sila yang terkandung dalam pancasila yaitu sila kebenaran kemanusiaan kerukunan kesepakatan dan keadilan dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari. Berdasarkan paparan diatas maka peneliti berfokus membahas mengenai moralitas ekonomi pancasila yang dilakukan oleh mahasiswa S2 Pendidikan Ekonomi dalam perilaku ekonominya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi moralitas ekonomi Pancasila mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam kegiatan ekonominya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis analisis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi.Selanjutnya untuk mengetahui keabsahan data dalam penelitian peneliti menggunakan triangulasi teknik/metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalur pendidikan internalisasi moralitas ekonomi terdiri dari 3 jalur yang meliputi yaitu jalur pendidikan formal jalur pendidikan informal dan jalur pendidikan nonformal. Jalur pendidikan formal diterima oleh informan yaitu melalui sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Jalur pendidikan informal diperoleh informan yaitu melalui orangtua dan keluarga. Sedangkan jalur pendidikan nonformal diperoleh informan melalui lingkungan sekitar media informasi pelatihan organisasi dan teman sebaya. Jalur pendidikan informal dan formal menjadi jalur pendidikan yang paling berpengaruh dan mendominasi terhadap perilaku ekonomi mahasiswa. Dilanjutkan dengan jalur pendidikan nonformal yang juga berpengaruh terhadap moralitas ekonomi mahasiswa meskipun tidak terlalu mendominasi. Dalam fase-fase penalaran moral dilalui melalui proses internalisasi yang merubah perilaku individu yang berasal dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar yang memepengaruhi terbentuknya perilaku moral seorang individu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |