Putri, Novela Nariska (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Novela Nariska Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Putri Novela N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2013/2014 . Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Cipto Wardoyo SE M.Pd M.Si Ak CA. (II) Hj. Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak. Kata kunci Metode STAD (Student Teams Achievement Division) Aktivitas belajar dan Hasil belajar. 12288 12288 12288 Pelaksanaan pembelajaran akuntansi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Malang disampaikan dengan metode ceramah tanya jawab dan penugasan sehingga siswa cenderung bosan dan malas untuk menemukan pengetahuannya sendiri dalam proses belajar yang dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara umum aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa masih kurang memuaskan karena aktivitas siswa dalam proses pembelajaran cenderung pasif dan hasil belajar pada tugas-tugas yang diberikan masih kurang dari KKM 76. Tujuan penelitian ini adalah dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014. 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang pada semester dua tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan materi pelajaran Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja Perusahaan Dagang. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang terdiri 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu tes observasi dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang nilainya di atas KKM dan meningkatnya perubahan sikap ke arah yang lebih baik. 12288 12288 12288 Berdasarkan dari hasil penelitian dapat dikemukakan saran sebagai berikut. Bagi Sekolah memfasilitasi guru dengan cara sering memberikan pelatihan-pelatihan. Bagi Guru Mata Pelajaran Akuntansi untuk menerapkan model pembelajaran ini dikelas sehingga dapat mengatasi masalah keaktifan siswa dalam pembelajaran. Bagi Peneliti Selanjutnya (1) Minimal dalam satu kelompok belajar didampingi oleh satu orang observer. Observer dapat mengamati dan mencatat siswa yang melakukan empat aktivitas belajar secara detail (2) Peneliti diharapkan membuat rekaman video pada saat penelitian berlangsung (3) Peneliti diharapkan untuk meminta bantuan teman lain selain observer untuk mendokumentasikan semua kegiatan pembelajaran. Agar lebih fokus dan tidak terjadi kebinggungan akibat tugas ganda yang harus dilakukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34726 |
Actions (login required)
View Item |