Munaddifah, Hanik (2024) Pengaruh pendidikan karakter dan pola pengasuhan terhadap minat berwirausaha dengan kecerdasan emosional sebagai variabel intervening (studi pada siswa SMK se Kabupaten Sidoarjo / Hanik Munaddifah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Munaddifah Hanik. 2023. Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Pola Pengasuhan Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Intervening Pada Siswa SMK se Kab. Sidoarjo. Tesis Prodi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. (2) Prof. Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci Pendidikan Karakter Pola Pengasuhan Minat Berwirausaha Kecerdasan Emosional Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan pola pengasuhan terhadap minat berwirausaha di kalangan siswa SMK dengan kecerdasan emosional sebagai variabel intervening di SMK se Kab. Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada siswa SMK Taruna Tarik SMK Pemuda Krian dan SMKN 2 Buduran dengan jumlah 668 siswa. Pengambilan data menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan ukuran sampel ditentukan dengan Sampel Size Kalkulator menghasilkan sampel 245 peserta. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert mulai dari 1 sampai 5 sangat tidak setuju tidak setuju netral setuju dan sangat setuju. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Partial Least Squares (PLS) yang diimplementasikan melalui SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh hipotesis semuanya dinyatakan positif dan signifikan karena sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu dimana nilai t-statistik gt 1 96 dan nilai p-value lt 0 05. Pendidikan karakter memberikan pengetahuan praktis dan nilai-nilai moral yang membentuk dasar integritas respect honestly responsibility dan creative pada siswa. Seiring dengan itu pola pengasuhan turut berperan dalam memberikan arah dan dukungan emosional yang memfasilitasi perkembangan karakter wirausaha siswa. Kecerdasan emosional menjadi penghubung penting yang mengarahkan bagaimana siswa merespons dan mengelola emosi mereka dalam konteks berwirausaha. Pemahaman yang mendalam tentang diri dan orang lain siswa dapat mengintegrasikan aspek-aspek emosional ini ke dalam proses pengambilan keputusan berwirausaha. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter dan pola pengasuhan berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosional siswa. Selanjutnya kecerdasan emosional juga ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap minat berwirausaha. Temuan ini menegaskan bahwa kecerdasan emosional memainkan peran sebagai mediator dalam hubungan antara pendidikan karakter pola pengasuhan dan minat berwirausaha. Implikasi penelitian ini mencakup perlunya penguatan program pendidikan karakter dan peran positif pola pengasuhan dalam pembentukan kecerdasan emosional dengan harapan dapat merangsang minat berwirausaha siswa SMK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |