Komariyah, Siti (2021) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri (self efficacy) terhadap niat berwirausaha melalui kreativitas studi kasus pada siswa Kelas VIII MTS Negeri Kota Probolinggo / Siti Komariyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Komariyah S. 2021. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Niat Berwirausaha Melalui Kreativitas Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kota Probolinggo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Bisnis Dan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M (II) Dr. Aniek Indrawati S. Si. M.M. Kata kunci pendidikan kewirausahaan efikasi diri kreativitas niat berwirausaha Niat berwirausaha yang dimiliki oleh siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Probolinggo dipengaruhi oleh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri melalui kemampuan kreativitasnya. Pendidikan kewirausahaan dapat menjadi bekal dalam berwirausaha. Selain itu efikasi diri ikut memengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuannya termasuk di dalamnya perkiraan terhadap segala yang akan dihadapi. Sebagai calon wirausaha efikasi diri sangat diperlukan untuk keberhasilan dalam memulai dan mengembangkan usahanya sampai berhasil. Kreativtas juga diperlukan dalam berwirausaha agar bisa berhasil kedepannya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif eksplanatori dan analisis jalur (path analysis). Variabel dari penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan (X1) efikasi diri (X2) kreativitas (Z) dengan variabel niat berwirausaha (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Probolinggo yang berjumlah 290 siswa dengan sampel 168 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik proportional random sampling. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Secara langsung terdapat pengaruh signifikan (X1) terhadap (Z) (2) Secara langsung terdapat pengaruh signifikan (X2) terhadap (Z) (3) Secara langsung terdapat pengaruh signifikan (X1) terhadap (Y) (4) secara langsung terdapat pengaruh signifikan (X2) terhadap (Y) (5) Secara langsung terdapat pengaruh signifikan (Z) terhadap (Y) (6) pengaruh langsung yang diberikan (X1) terhadap (Y) sebesar 0 147 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0 014 (7) pengaruh langsung yang diberikan (X2) terhadap (Y) sebesar 0 309 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0 410 (8) Pengaruh (Z) terhadap (Y) adalah 0 473. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi bapak/ibu guru yang mengajar diharapkan dapat mengenalkan model dan metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kreativitas dan inovasi peserta didik. Bagi mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuannya dengan mengikuti berbagai seminar tentang keguruan Menyusun dan mengerjakan tugas-tugas secara mandiri memanfaatkan kebijakan yang diberikan dan ditetapkan oleh pihak universitas dalam rangka meningkatkan pengalaman praktik mengajar. Bagi peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang variabel lain yang dapat memengaruhi niat berwirausaha selain pendidikan kewirausahaan efikasi diri dan kreativitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/347225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |