Pengembangan bahan ajar akuntasi berbasis problem based learning bermuatan nilai karakter untuk SMA / Alfi Maumita Fidhini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar akuntasi berbasis problem based learning bermuatan nilai karakter untuk SMA / Alfi Maumita Fidhini

Fidhini, Alfi Maumita (2014) Pengembangan bahan ajar akuntasi berbasis problem based learning bermuatan nilai karakter untuk SMA / Alfi Maumita Fidhini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fidhini Alfi Maymita. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Nilai Karakter untuk SMA. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak (2) Dr. Dyah Aju Wardhani S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Bahan Ajar bebrbasis Problem Based Learning bermuatan Nilai Karakter. 12288 12288 12288 12288 Pemerintah Indonesia terus melakukan peningkatan mutu pendidikan untuk mempersiapkan masa depan bangsa yang lebih baik. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap menghadapi masa depan. Untuk memenuhi tujuan kurikulum 2013 perlu adanya perubahan proses pembelajaran yang awalnya siswa diberi tahu menjadi siswa yang mencari tahu. Untuk itu pembelajaran harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Berkaitan dengan itu maka diperlukan bahan ajar akuntansi yang sesuai dengan kriteria kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar akuntansi berbasis problem based learning bermuatan nilai karakter untuk SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar akuntansi berbasis problem based learning bermuatan nilai karakter untuk SMA yang terdiri dari buku siswa dan buku pedoman guru. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari Borg Gall (1983) yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) uji validitas produk (4) revisi ke-1 (5) uji pengguna terbatas (6) revisi ke-2 dan (7) produk akhir. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket terhadap ahli dan pengguna terbatas. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik deskriptif presentase yaitu jumlah jawaban responden dalam satu item dibagi dengan jumlah jawaban ideal dalam satu item. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli materi memberikan penilaian 87 44% terhadap buku siswa dan 91 67% terhadap buku guru dan ahli desain penyusunan buku memberikan penilaian sebesar 84 29% terhadap buku siswa dan 94 32% terhadap buku pedoman guru. Sedangkan hasil penilaian dari uji coba pengguna terbatas memperoleh presentase sebesar 87 43% yang berarti valid atau layak digunakan. Dengan demikian bahan ajar akuntansi berbasis problem based learning bermuatan nilai karakter valid dan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran akuntansi SMA Kelas XII IPS. 12288 12288 12288 12288 Meskipun sudah mendapatkan kategori layak bahan ajar akuntansi ini belum dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk peneliti lain melakukan uji kelayakan empiris dan melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat efektifitas bahan ajar berbasis problem based learning bermuatan nilai karakter dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34712

Actions (login required)

View Item View Item