Zulvinia, Onie Dhasita (2014) Pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun pelajaran 2013/2014 / Onie Dhasita Zulvinia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Zulvinia Onie Dhasita. 2014. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng SE MA MM Ak. (2) Dr. H. Tuhardjo S.E M.Si Ak. Kata Kunci kompetensi kepribadian kompetensi profesional dan hasil belajar. Kompetensi guru adalah seperangkat pengetahuan keterampilan yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Kompetensi kepribadian menyangkut kemampuan kepribadian guru yang mantap stabil dewasa arif dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia sedangkan kompetensi profesional menyangkut penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan guru membimbing peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa beserta dengan pengaruh interaksinya yang belum pernah dilakukan oleh penelitian-penelitian sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Survey Research yang bersifat kausal-komparatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional guru yang diukur berdasarkan persepsi siswa serta variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh variabel persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa dilihat dari hasil analisis anova dua jalur yang telah dilakukan Besarnya sumbangan pengaruh variabel kompetensi kepribadian terhadap hasil belajar adalah sebesar 18% besarnya sumbangan pengaruh variabel kompetensi profesional terhadap hasil belajar adalah sebesar 27% dan besarnya sumbangan pengaruh interaksi variabel kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional terhadap hasil belajar adalah sebesar 24%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti lain yang ingin melanjutkan atau memperbaiki penelitian ini hendaknya agar peneliti tersebut menambah variabel yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu peneliti lain juga disarankan untuk menambah sampel antara lain dengan menggunakan lebih banyak siswa atau menggunakan beberapa sekolah. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34703 |
Actions (login required)
View Item |