Wimas, Mirwan Akbarrizal (2014) Pengaruh kecerdasan intelektual (intelligent quotient) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi Jurusan IPS SMA Negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2013/2014 / Mirwan Akbarrizal Wimas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wimas Mirwan Akbarrizal. 2014. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (Intellegent Quotient) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Jurusan IPS SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (2) Dr. Dyah Aju Wardhani S.E. M.Si. Ak. Kata kunci Kecerdasan Intelektual Motivasi Belajar Prestasi Belajar Akuntansi 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Kecerdasan intelektual adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dengan menggunakan nalar dan gagasan secara rasional dan terarah agar dapat memecahkan suatu masalah sehingga dapat mencapai tujuan. Semakin tinggi tingkat IQ yang dimiliki seseorang maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai. Selain itu motivasi belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan prestasi belajar. Besarnya motivasi belajar seseorang terhadap suatu hal akan memberikan dorongan yang kuat pada dirinya untuk berprestasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi jurusan IPS SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2013/2014. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi jurusan IPS SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2013/2014. 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 129 siswa dengan sampel 45 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS 16.00 for Windows. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat pengaruh positif antara kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang direkomendasikan sehubungan dengan hasil penelitian adalah (1) Lingkungan keluarga diharapkan dapat terus mengembangkan kecerdasan intelektual anak sehingga potensi-potensi yang dimiliki anak dapat terasah secara optimal dan juga keluarga dihimbau untuk memberikan motivasi yang tepat kepada anak agar prestasi belajar anak meningkat. (2) Sekolah hendaknya dapat terus mengembangkan kecerdasan intelektual siswa sehingga potensi-potensi dasar yang dimiliki siswa dapat terus berkembang sehingga berdampak pada peningkatan prestasi sekolah. Sekolah juga diharapkan mampu terus menjaga motivasi belajar siswanya dengan pembelajaran yang menarik menjadi sahabat yang baik bagi para siswanya maupun dengan penyediaan fasilitas-fasilitas yang bisa menambah motivasi siswa untuk belajar lebih giat. (3) Untuk peneliti selanjunya yang berminat melakukan penelitian dengan topik yang sama yakni kecerdasan diharapkan melakukan penelitian pada ranah kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) sehingga tiga kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yakni kecerdasan intelektual (IQ) kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dapat dibahas semua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34702 |
Actions (login required)
View Item |