Rolisca, Rendik Uji Candra (2014) Pengembangan media evaluasi pembelajaran dalam bentuk online berbasis e-learning menggunakan software Wondershare Quiz Creator dalam mata pelajaran akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS) / Rendik Uji Candra Rolisca. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rolisca Rendik Uji C. 2014. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Bety Nur Achadiyah S.Pd. M.Sc (II) Sulastri S.Pd MSA. Kata Kunci pengembangan media evaluasi pembelajaran e-learning wondershare quiz creator akuntansi. Evaluasi merupakan bagian proses dari pembelajaran sampai saat ini proses evaluasi sering dilakukan melalui metode lama atau sering disebut dengan ujian konvensional. Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengarahkan ujian untuk berpindah ke sistem komputerisasi untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Untuk itu perlu dikembangkan media evaluasi menggunakan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan media evaluasi berbasis e-learning bagi siswa SMA Brawijaya Smart School dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation dan (5) evaluation. Subyek uji coba pada penelitian pengembangan ini antara lain ahli media ahli materi dan siswa selaku pengguna media. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) yang bersifat semi tertutup. Pengolahan data dilakukan setelah data hasil uji coba berhasil didapatkan. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Melalui analisis data tersebut diperoleh persentase hasil uji coba ahli media sebesar 91 6% ahli materi sebesar 88 3% calon pengguna sebesar 78 8% dan siswa selaku pengguna kelompok kecil sebesar 87 6%. Sehingga rata-rata hasil yang diperoleh sebesar 86 5% dari keseluruhan nilai rata-rata maksimal yang seharusnya diperoleh. Berdasarkan pedoman kriteria kelayakan maka secara keseluruhan media evaluasi ini dinyatakan layak. Untuk mengembangkan produk selanjutnya diharapkan pengembang melakukan uji efektifitas lebih lanjut untuk mengetahui seberapa efektif media evaluasi berbasis e-learning. Pengembang juga dapat memperbaiki kualitas ujian online dengan penambahan fitur yang dapat diakses melalui handphone karena bisa lebih mudah dan dapat dilakukan dimana saja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34700 |
Actions (login required)
View Item |