Kurniawan, Fathoni Candra (2014) Perbedaan efektivitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Number Head Tohether (NHT) dalam meningkatkan hasik belajar akuntansi kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Fathoni Candra Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurniawan Fathoni Candra. 2013. Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulastri S.Pd. M.SA. (II) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata Kunci Student Teams Achivement Division (STAD) Number Head Together (NHT) hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Student Teams Achivement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara mandiri merespon/menjawab dan bekerja sama dengan yang lain dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran akuntansi di SMAN 6 Malang dapat diketahui bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa terlihat bosan kurang senang dan kurang tertarik terhadap materi yang diajarkan. Dengan demikian penerapan model pembelajaran tersebut berpotensi meningkatkan motivasi belajar siswa yang akhirnya berimbas pada hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran STAD dan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dikembangkan dengan randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes multiplechoice untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang diuji dalam penelitian ini yaitu gain score hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan hasil penelitian yaitu hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran NHT mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest sebesar 53 50 dan hasil rata-rata dari posttest sebesar 76 77 pada model pembelajaran STAD sedangkan pada model pembelajaran NHT hasil rata-rata dari pretest sebesar 52 97 dan hasil rata-rata dari posttest sebesar 71 62. Selain itu terdapat perbedaan model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran NHT dalam hasil belajar kelas XI IPS SMAN 6 Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan rata-rata nilai hasil belajar akuntansi kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 2 model pembelajaran NHT. 12288 12288 12288 12288 Terkait hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran agar guru melakukan perencanaan yang matang karena penerapan model pembelajaran STAD memerlukan waktu yang relatif lama. Bagi peneliti berikutnya agar bisa menyempurnakan penelitian ini yaitu dengan melakukan penelitian yang subjeknya benar-benar memiliki kemampuan akademik rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34695 |
Actions (login required)
View Item |