Pengaruh pemanfaatan multimedia pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Malang 2 Batu / Khusnatul Mardiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan multimedia pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Malang 2 Batu / Khusnatul Mardiyah

Mardiyah, Khusnatul (2014) Pengaruh pemanfaatan multimedia pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Malang 2 Batu / Khusnatul Mardiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mardiyah Khusnatul. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Malang 2 Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak. (II) Dr. H. Tuhardjo S.E M.Si Ak. Kata kunci Multimedia pembelajaran Video tutorial hasil belajar 12288 12288 12288 Hasil belajar siswa ditentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah tersedianya media pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa untuk mempelajari dan memahami materi pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pemanfaatan multimedia pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui sikap serta keterampilan psikomotor siswa terhadap multimedia pembelajaran video tutorial tersebut. 12288 12288 12288 12288 Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN Malang 2 Batu pemilihan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen (diajar dengan menggunakan multimedia video tutorial) dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol (diajar dengan tidak menggunakan multimedia video tutorial). Instrumen untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa adalah menggunakan soal pretest dan postest yang berbentuk pilihan ganda untuk mengukur sikap siswa digunakan kuisioner dan observasi serta untuk mengukur keterampilan psikomotor digunakan lembar observasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner terhadap respon siswa pada kelas eksperimen bahwa pembelajaran menggunakan multimedia video tutorial mendapat respon baik dan diminati oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi keterampilan psikomotor diketahui bahwa hasil belajar psikomotor siswa mencapai kategori sangat baik sebesar 44% dan kategori baik sebesar 41%. Dari hasil uji U Mann Whitney pada variabel hasil belajar kognitif menunjukkan nilai signifikansi 0 000 0 05 yang berarti pembelajaran dengan menggunakan multimedia video tutorial berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Malang 2 Batu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas kontrol dan hasil belajar kelas eksperimen. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru seyogyanya menggunakan multimedia video tutorial supaya kegiatan pembelajaran tidak membosankan dan untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan materi pelajaran yang berbeda sehingga dapat diketahui keefektifan multimedia video tutorial apabila diterapkan pada materi dan sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34689

Actions (login required)

View Item View Item