Ikrom, Lailatul (2014) Pengaruh lingkungan keluarga dan interaksi sosial teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang / Lailatul Ikrom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ikrom Lailatul. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negerin 6 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. CiptoWardoyo S.E M.Pd M.Si Ak CA (II) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata Kunci Lingkungan keluarga interaksi sosial teman sebaya hasil belajar Pendidikan merupakan aktivitas sadar dan sengaja yang diarahkan untuk membawa peserta didik mencapai tujuan. Agar dapat mencapai tujuan yang efektif dan efisien dalam penyelenggaraan program pendidikan maka diperlukan evaluasi. Bagi siswa evaluasi diberikan terhadap hasil belajar mereka. Adapun hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal meliputi faktor kesehatan psikologis dan kelelahan serta faktor eksternal yaitu faktor keluarga sekolah dan masyarakat. Dalam penelitian ini faktor yang diteliti adalah faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang berfokus pada interaksi sosial teman sebaya. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari permasalahan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Apakah ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (2) Apakah ada pengaruh antara interaksi sosial teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknis analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 166 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh 63 responden. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan hal ini dapat diartikan semakin baik lingkungan keluarga siswa maka semakin baik pula hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Interaksi sosial teman sebaya memiliki pengaruh positif signifikan hal ini dapat diartikan semakin baik (positif) interaksi sosial teman sebaya maka semakin baik pula hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi siswa SMA Negeri 6 Malang dapat membangun hubungan baik dengan anggota keluarga dan antar teman sebaya (2) bagi guru membantu siswa dalam permasalahan yang dihadapi dan mengkomunikasikan dengan orang tua serta guru dapat membantu siswa dalam meningkatkan interaksi sosial dengan teman sebayanya (3) bagi SMA Negeri 6 Malang dapat meningkatkan kerjasama dengan orang tua siswa dalam mensukseskan pembelajaran (4) bagi penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan dan menambahkan hal-hal yang masih kurang dari penelitian ini yaitu dengan cara lebih menambahkan kajian teori sub variabel ataupun indikator.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34686 |
Actions (login required)
View Item |