Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu / Alfiani Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu / Alfiani Masruroh

Masruroh, Alfiani (2014) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu / Alfiani Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masruroh Alfiani. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tuhardjo S.E M.Si Ak (2) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci pembelajaran kooperatif model TGT motivasi hasil belajar Dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Strategi yang dapat dilakukan guru yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini memiliki perbedaan dengan model pembelajaran kooperatif yang lain yaitu adanya unsur permainan. Dengan adanya permainan siswa dihadapkan pada suatu kompetisi antar kelompok yang menuntut siswa berpikir secara cepat dan tepat untuk keberhasilan kelompok. Berdasarkan uraian tersebut maka dicobakan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada matapelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen (diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT) dan kelas XI IPS 5 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol (diajar dengan pembelajaran konvensional). Hasil uji T menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 0 004 0 05. Demikian juga dengan variabel hasil belajar yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 0 009 0 05. Melalui hasil analisis ini dapat diketahui bahwa hipotesis penelitian untuk variabel motivasi belajar siswa dan variabel hasil belajar siswa diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi kepala sekolah SMA Negeri 1 Batu untuk memperbaiki sistem pembelajaran agar terjadi perbaikan pada kualitas pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta dapat membuat motivasi dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. (2) guru akuntansi sebaiknya dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi termotivasi untuk belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang disertai dengan adanya permainan dalam pembelajaran dan adanya suatu kompetisi antar kelompok membuat hasil belajar siswa dapat meningkat. (3) para siswa harus lebih mandiri dan bisa membangun pengetahuannya sendiri serta dapat berpikir cepat dan tepat untuk menghadapi kompetisi di kelas. (4) penelitian selanjutnya diharapkan mengukur motivasi belajar siswa tidak hanya dengan angket akan lebih baik jika pengumpulan data dikombinasikan dengan teknik wawancara dan observasi memperluas penilaian hasil belajar pada ranah afektif serta psikomotorik dan membuat soal pre test dan post test dengan proporsi jumlah soal yang seimbang sesuai dengan indikator yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34682

Actions (login required)

View Item View Item