Septiani, Nur Fajar (2014) Pengaruh nilai karakter dan keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pare / Nur Fajar Septiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Septiani Nur Fajar. 2014. Pengaruh Nilai Karakter dan Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pare. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (2) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata kunci Nilai Karakter Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Hasil Belajar Akuntansi. 12288 12288 12288 12288 Karakter perlu ditanamkan pada siswa dan ditingkatkan agar siswa tidak hanya memiliki kompetensi akademik tetapi juga karakter yang mendukung tercapainya hasil belajar. Dengan pendidikan karakter diharapkan siswa tidak hanya memiliki kecerdasan dan kemampuan yang tinggi tetapi terinternalisasinya nilai karakter dalam diri siswa. Guru sebagai pendidik harus mempunyai keterampilan dasar mengajar yang baik serta menciptakan persepsi siswa yang baik pula yang dapat mendorong siswa untuk belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai karakter dan persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pare. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksplanasi. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu menggunakan keseluruhan populasi yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai karakter berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pare dan (2) keterampilan dasar mengajar guru berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pare. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian saran ditujukan kepada (1) pihak sekolah khususnya kepala sekolah hendaknya menghimbau memantau dan mengevaluasi peran guru dalam internalisasi nilai karakter kepada siswa dan peningkatan keterampilan dasar mengajarnya (2) guru hendaknya berupaya menanamkan nilai karakter pada siswa dan meningkatkan keterampilan dasar mengajar serta menciptakan persepsi siswa yang baik (3) siswa harus mempunyai kesadaran diri untuk menanamkan dan meningkatkan nilai karakter yang baik dalam dirinya. Selain itu siswa juga harus mempertahankan dan meningkatkan hasil belajarnya (4) peneliti selanjutnya apabila ingin mengambil topik yang sama untuk penelitian diharapkan menambah variabel motivasi yang dapat mempengaruhi hasil belajar dari adanya nilai karakter dan persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dengan menggunakan analisis jalur. Selain itu nilai karakter yang lain juga perlu diteliti yang sesuai dengan mata pelajaran akuntansi. Misalnya karakter kretif rasa ingin tahu toleransi dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34681 |
Actions (login required)
View Item |