Santi, Fitriana (2014) Pengaruh persepsi siswa tentang jurusan IPS dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar melalui motivasi belajar / Santi Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Santi Fitriana. 2014. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Jurusan IPS dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kota Blitar Melalui Motivasi Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Suparti M.P Kata kunci Persepsi Siswa tentang Jurusan IPS Lingkungan Keluarga Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Pendidikan berguna sebagai jalan untuk membantu individu mencetak karir. Masalah pendidikan yang cukup rumit adalah pemilihan jurusan pada tingkat SMA. Baik buruknya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Salah satu faktor intern adalah persepsi siswa tentang jurusan IPS dan motivasi belajar. Persepsi yang dimiliki siswa SMA Negeri di Kota Blitar ada yang baik dan ada yang buruk. Ada sebagian siswa yang mengangap bahwa jurusan IPS sebenarnya sama sulit dengan jurusan IPA dan memang dia berkeinginan untuk melanjutkan studi lanjut yang berhubungan dengan IPS. Selain itu ada pula persepsi negatif yang dimiliki siswa karena menganggap bahwa jurusan IPS kurang keren . Salah satu faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar adalah lingkungan keluarga. Ada sebagian lingkungan keluarga yang baik yakni peduli dengan dunia pendidikan tetapi ada pula lingkungan keluarga yang kurang memperhatikan dunia pendidikan karena sibuk dengan dunia kerja. Kondisi seperti inilah yang dianggap mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang jurusan IPS terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar (2) pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang jurusan IPS terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar (3) pengaruh tidak langsung yang signifikan persepsi siswa tentang jurusan IPS terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar melalui motivasi belajar (4) pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar (5) pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar (6) pengaruh tidak langsung yang signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar melalui motivasi belajar (7) pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar. Jenis penelitian eksplanasi (explanatory research). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan 223 sampel dari 503 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang jurusan IPS terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar (2) ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang jurusan IPS terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar (3) ada pengaruh tidak langsung yang signifikan persepsi siswa tentang jurusan IPS terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar melalui motivasi belajar (4) ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar (5) ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar (6) ada pengaruh tidak langsung yang signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar melalui motivasi belajar (7) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Kota Blitar. Disaranakan kepada pihak sekolah untuk memberikan sarana dan prasana untuk kegiatan belajar termasuk pada jurusan IPS. Bagi guru agar memberikan informasi yang akurat mengenai jurusan IPS dan menumbuhkan motivasi belajar. Bagi siswa agar mencari informasi yang tepat mengenai jurusan dan memilih jurusan sesuai minat. Bagi orang tua agar memberikan faktor psikologis yang cukup karena peran orang tua mampu meningkatkan motivasi belajar sehingga hasil belajar juga maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34680 |
Actions (login required)
View Item |