Kurniawan, Arif Cahya (2014) Pengaruh pemanfaatan akses internet sebagi sumber belajar akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang / Arif Cahya Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurniawan Arif Cahya. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Akses Internet Sebagai Sumber Belajar Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Makaryanawati S.E. M.Si. Ak. (2) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata Kunci Pemanfaatan Akses Internet Sebagai Sumber Belajar Akuntansi Prestasi Belajar. Seiring dengan perkembangan teknologi internet telah menyediakan berbagai informasi yang dapat diakses secara online dimana saja dan kapan saja. Bagi para pendidik dan peserta didik internet merupakan sumber ilmu pengetahuan yang selalu baru. Keberadaan akses internet di sekolah yang diberikan secara gratis akan sangat bermanfaat dan membantu siswa untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran mulai dari memperoleh materi yang akan dipelajari sebagai sumber belajar sampai dengan penyelesaian tugas mata pelajaran. Aneka referensi tersedia dalam jumlah yang berlimpah yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja. Pada umumnya perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi dengan adanya internet dapat memudahkan siswa untuk mengakses informasi ke semua perpustakaan di seluruh dunia berupa digital library. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar narasumber dan siswa lain di seluruh dunia dapat dilakukan melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan akses internet sebagai sumber belajar akuntansi terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang yang berjumlah 144 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan data yang digunakan adalah data primer berupa angket pemanfaatan akses internet sebagai sumber belajar akuntansi sedangkan data sekunder berupa nilai rata-rata ulangan harian semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan akses internet sebagai sumber belajar akuntansi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi Pihak Sekolah sebaiknya meningkatkan kelengkapan fasilitas internet untuk menunjang pembelajaran siswa dan sekolah sebaiknya membatasi situs-situs di luar situs pendidikan orang tua sebaiknya memperhatikan kebutuhan sumber belajar anaknya serta diusahakan untuk memenuhi semua kebutuhan belajar siswa agar siswa dapat belajar secara optimal dan dapat meningkatkan hasil belajarnya dan bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain yang diperkirakam dapat mempengaruhi prestasi belajar yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34673 |
Actions (login required)
View Item |