Septanti, Siti Aisiah (2014) Efektivitas model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto / Siti Aisiah Septanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Septanti Siti Aisiah. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Skripsi. Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suparti M.P (2) Hj. Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. AK. Kata kunci Model pembelajaran auditory intellectually repetition hasil belajar Perubahan paradigma dari pembelajaran yang berorientasi teacher center beralih pada pembelajaran student center menjadikan pembelajaran tidak lagi didominasi oleh guru dan suasana kelas yang pasif. Namun guru tetap memiliki peran aktif dalam menjalankan pembelajaran. Guru sebagai ujung tombak pelaksana proses pembelajaran di sekolah harus mampu menerapkan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat membangkitkan minat belajar siswa dan meminimalisir menurunnya perhatian siswa. Salah satu model yang dibangun dengan prinsip belajar aktif adalah model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition). Model pembelajaran AIR adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan pada tiga aspek yaitu Auditory (mendengar) Intellectualy (berpikir) Repetition (pengulangan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam kompetensi dasar memproses dana kas kecil dan (2) efektivitas model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional (ceramah). Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research). Rancangan penelitian ini menggunakan nonequivalent control group desaign. Penelitian ini membagi sasaran penelitian menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Pengumpulan data berupa data kognitif yang diambil dengan nilai pretest dan posttest. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa diketahui melalui selisih antara nilai pretest dan posttest (gain score). Aktivitas siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan presentase masing-masing indikator. Proses analisis data dengan menggunakan statistik inferensial yaitu uji beda statistik parametris t-test independen. Analisis hasil belajar menunjukkan rata-rata gain score kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah berbeda karena nilai thitung 2 246 ttabel 1 6672 dan nilai signifikansi pada gain score sebesar 0 028 0 05 sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Maka model pelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) lebih efektif dibanding metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memproses dana kas kecil. Saran peneliti bagi guru akuntansi model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat dijadikan referensi bagi guru dalam menyampaikan materi akuntansi sehingga dengan model pembelajarn ini diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya apabila melakukan penelitian yang sama dengan penelitian ini diharapkan bukan hanya sekedar mengukur kemampuan intelektual tetapi juga mengukur kemampuan sikap dan keterampilan dalam mata pelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34669 |
Actions (login required)
View Item |