Sinambela, Lastri Defani (2014) Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang / Lastri Defani Sinambela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sinambela Lastri Defani 2014. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suparti M.P. (2) Bety Nur Achadiyah S.Pd.M Sc Kata Kunci Media Audiovisual Pembelajaran Akuntansi Hasil Belajar. Media Audiovisual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman (kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi) meliputi media yang dapat dilihat dan didengar. Stimulus Audiovisual membuahkan hasil belajar yang lebih baik untuk tugas-tugas mengingat mengenali dan menghubungkan fakta dan konsep. Masalah yang ditemukan pada saat observasi menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan cenderung bosan dalam proses pembelajaran akuntansi di kelas. Persoalan tersebut mendorong perlunya dilakukan penelitian pengggunaan media Audiovisual pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen (Nonequivalent Control Design). Latar dan Subjek penelitian siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang dengan jumlah siswa 34 untuk kelas eksperimen dan 33 untuk kelas kontrol teknik pengumpulan data yang dipakai adalah pre tes dan post tes instrumen penelitian ini menggunakan tes dan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan analisis data deskriptif uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang menggunakan media audiovisual memiliki rata-rata sebesar dua puluh delapan koma sembilan puluh tujuh dan siswa yang tidak menggunakan media audiovisual memiliki rata-rata sebesar dua belas koma tujuh puluh tiga. Selain itu respon sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual sangat baik dengan persentase sangat tinggi yaitu empat puluh tujuh koma nol enam persen. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran akuntansi meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan masih dibutuhkan perbaikan dari segi media dan teknik agar diperoleh hasil yang lebih maksimal. Sebagai implikasi dari penelitian ini guru disarankan agar lebih kreatif dalam menerapkan media pembelajaran karena dengan menggunakan media dalam kelas dapat memebuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan sehingga menimbulkan motivasi bagi siswa. Penggunaan media audiovisual ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34665 |
Actions (login required)
View Item |