Sugiarti, Sri (2013) Pengaruh kemampuan dasar matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang / Sri Sugiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sugiarti Sri. 2013. Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang . Skripsi program studi pendidikan akuntansi jurusan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri malang. Pembimbing (1) DR. Cipto Wardoyo SE M.Pd. M.Si. Ak. (II) Sriyani Mentari S.Pd M.M. Kata kunci Kemampuan Dasar Matematika Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Prestasi belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar. Kemampuan dasar matematika bisa menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa akuntansi. Sejarah akuntansi menunjukkan hubungan yang erat antara akuntansi dan matematika. Apabila salah dalam perhitungan angka-angkanya di awal pengerjaan akuntansi maka akan mengakibatkan kesalahan juga sampai akhir. Begitu juga motivasi belajar menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan dasar matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi dua variabel bebas yaitu kemampuan dasar matematika (X1) dan motivasi belajar (X2) dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan populasi seluruh siswa kelas XII Jurusan Akuntansi tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan dasar matematika memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi SMK Muhammdiyah 2 Malang (2) Motivasi belajar siswa tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Kemampuan dasar matematika dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari nilai R square sebesar 0 286 yang berarti bahwa kemampuan dasar matematika dan motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 28% dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa. Saran penelitian ini adalah (1) Untuk sekolah bisa menjadikan penelitian ini sebagai dasar untuk menyeleksi input siswa baru khususnya siswa akuntansi dan agar memperhatikan kemampuan dasar matematika siswa agar bisa memaksimalkan prestasi belajar siswa akuntansi. (2) Untuk peneliti lain yang berminat melakukan penelitian tentang motivasi belajar diharapkan menggunakan indikator angket yang lebih merefleksikan akuntansi dan apabila berminat meneliti kemampuan dasar matematika diharapkan menggunakan tes sebagai tolak ukur serta dapat menggunakan jenis penelitian lain seperti kualitatif dan menambahkan variabel yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34658 |
Actions (login required)
View Item |