Analisis implementasi Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada kompetensi keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Lilik Ustariningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada kompetensi keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Lilik Ustariningsih

Ustariningsih, Lilik (2013) Analisis implementasi Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada kompetensi keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Lilik Ustariningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ustariningsih Lilik. 2013. Analisis Implementasi Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) pada Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd M.Si.Ak (II) Ika Putri Larasati S.E. Mcom Kata kunci SMK Ardjuna 2 Prosedur Perencanaan Prakerin monitoring dan pembimbingan evaluasi Prakerin SMK Ardjuna 2 Malang merupakan salah satu sekolah yang bekerja sama dengan berbagai DU/DI dalam pelaksanaan praktik kerja industri. Berdasarkan observasi prapenelitian yang dilakukan di SMK Ardjuna 2 Malang mengenai pelaksanaan prakerin ditemukan adanya ketidaksesuaian antara kegiatan siswa semasa di tempat Prakerin dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada. Hal ini membuat peneliti merumuskan masalah dengan bagaimanakah implementasi program praktik kerja industri di SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara dengan siswa beserta guru sekolah dan studi dokumentasi yang berhubungan dengan pelaksanaan Prakerin. Berdasarkan wawancara dan studi dokumentasi hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi praktik kerja industri di SMK Ardjuna 2 Malang tidak sepenuhnya berjalan sesuai dengan landasan teori yang berkaitan dengan prakerin hal tersebut dikarenakan ada beberapa hal yang tidak sesuai pada implementasi praktik kerja industri yaitu kurangnya pencantuman tanda tangan kepala sekolah pada dokumen monitoring yang membuat baik guru maupun siswa kurang disiplin. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah disampaikan peneliti menyarankan agar pelaksanaan Prakerin di SMK Ardjuna 2 Malang yang akan datang sekolah menambahkan tandatangan pada dokumen lembar monitoring. Selain itu isi penelitian ini menegaskan bahwa siswa dinyatakan sudah mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar Prakerin/sinkron dengan jurusan meskipun kegiatan siswa semasa Prakerin hanya sebatas melihat atau pernah tahu bahwa perusahaan tersebut memiliki dokumen keuangan yang dimaksud pada standar kompetensi dan kompetensi dasar Prakerin. Hal tersebut menjadi alasan dikarenakan dokumen keuangan perusahaan merupakan dokumen rahasia bagi pihak luar perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34654

Actions (login required)

View Item View Item