Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran akuntansi / Suardi Maswatu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran akuntansi / Suardi Maswatu

Maswatu, Suardi (2013) Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran akuntansi / Suardi Maswatu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maswatu Suardi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pembelajaran Akuntansi.Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sulastri S.Pd M.SA (2) Triadi Agung Sudarto S.E. M.Si Ak Kata kunci Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Meningkatkan Konsep Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK Widya Dharma Turen khususnya pada mata pelajaran Akuntansi di Jurusan Akuntansi terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Permasalahan tersebut diantaranya dalam proses pembelajaran masih menggunakan paradigma pembelajaran yang lama dalam hal ini proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centre) sehingga siswa masih cenderung pasif karena sulit memahami konsep pembelajaran akuntansi. Hal ini mengakibatkan minat dan motivasi belajar siswa sangat rendah terhadap pelajaran akuntansi dan pada akhirnya berdampak negatif terhadap hasil belajarnya. Melihat permasalahan yang dihadapi inovasi terhadap penggunaan model pembelajaran sebagai strategi pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan untuk mengubah pendekatan (teacher centre) menjadi (student centre) agar sesuai dengan paradigma yang baru yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar agar siswa lebih aktif. Penelitian yang peneliti lakukan di SMK Widya Dharma Turen ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang dikembangkan oleh Eisenkraft. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran akuntansi membangkitkan semangat belajar dan rasa percaya diri serta keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran akuntansi dan membangkitkan minat belajar siswa terhadap pelajaran akuntansi. Peneliti menyarankan kepada semua pihak yang terkait terutama kepala sekolah dan guru mata pelajaran akuntansi agar selalu memperbaharui model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa maupun standar kompotensi untuk mata pelajaran akuntansi sehingga dapat membantu siswa dalam memahami konsep pelajaran akuntansi dengan baik. Untuk peneliti selanjutnya agar lebih mengembangkan dan mensosialisasikan model ini agar dapat dikenali dan diterapkan dalam proses belajar mengajar akuntansi oleh para pendidik di sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan jurusan akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34653

Actions (login required)

View Item View Item