Amsyari, Zulian Isa (2013) Pengembangan media pembelajaran permainan monopoli akuntansi untuk siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangil / Zulian Isa Amsyari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Amsyari Zulian Isa. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi Untuk Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangil. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) SriyaniMentari S.Pd M.M. (II) Dr. Eka Ananta Sidhartha S.E. M.M.Ak. Kata Kunci Akuntansi Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi Hasil observasi awal pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangil menunjukkan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar akuntansi di kelas yaitu banyaknya mata pelajaran yang harus dipelajari selain akuntansi dan membosankan bagi siswa. Penggunaan media pembelajaran akuntansi masih terbatas pada buku teks LCD dan power point sehingga diperlukan suatu media alternatif untuk menambah variasi pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk permainan monopoli akuntansi yang layak digunakansebagai media pembelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangil. Perancangan yang diterapkan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall (1989). Proses validasi dilakukan oleh ahli media ahli materi dan responden (siswa) untuk menilai tingkat kelayakan media monopoli akuntansi sebagai media pembelajaran. Penilaian tingkat keefektifitasan media monopoli akuntansi dilakukan dengan membandingkan hasil nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji t-test Independent Sample dalam software SPSS 16 For Windows. Hasil validasi media untuk keseluruhan aspek oleh ahli media memperoleh angka prosentase sebesar 92 5% validasi oleh ahli materi memperoleh prosentase sebesar 93 47% dan validasi responden (siswa) dalam uji coba kelompok kecil dan besar yaitu memperoleh prosentase sebesar 88 09% dan 86 99%. Hasil uji t-test Independent Sample kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan hasil perhitungan statistic pada pretest-nya sebesar 0 842 0 05 (signifikansi) sehingga tidak berpengaruh signifikan atau tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil posttest-nya menunjukkan angka 0 010 0 05 (signifikansi) sehingga berpengaruh signifikan atau terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest-nya. Hasil tersebut menjelaskan bahwa produk media monopoli akuntansi dapat dinyatakan valid dan efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk dimainkan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34652 |
Actions (login required)
View Item |