Stevani, Alief Suci (2013) Pengembangan bahan ajar akuntansi berbasis multiple intelligences untuk siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Alief Suci Stevani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Stevani Alief Suci. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbasis Multiple Intelligences untuk Siswa Kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sriyani Mentari S.Pd M.M (II) Dr. Nurika Restuningdiah S.E M.Si. Ak Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multiple Intelligences 12288 12288 12288 12288 Multiple intelligences adalah berbagai ketrampilan dan bakat yang dimiliki siswa untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam pembelajaran. Hal inilah yang sering diabaikan oleh guru dalam pembelajaran yang merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada satu lingkungan belajar. Guru sebagai pendidik harus benar-benar memahami karakteristik peserta didiknya agar transfer ilmu dapat terlaksana dengan baik. Demikian juga dengan bahan ajar dalam hal ini buku sebagai salah satu sumber belajar yang bisa jadi kurang bermanfaat ketika isi yang disajikan di dalamnya kurang cocok untuk kebutuhan siswa atau tidak dirancang khusus untuk mereka. 12288 12288 12288 12288 SMA Laboratorium UM pernah menerapkan pembagian kelas berdasarkan jenis kecerdasan siswa namun tidak berlangsung lama dikarenakan adanya penurunan hasil belajar siswa pada salah satu jenis kecerdasan. Salah satu faktor penyebabnya adalah ketidaktersediaannya bahan ajar berbasis multiple intelligences. Pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran akuntansi adalah modul yang dibuat sendiri oleh guru akuntansi di sekolah tersebut. Oleh karena itu diperlukan pengembangan bahan ajar yang memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan keberagaman jenis kecerdasannya dan membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar akuntansi berbasis multiple intelligence berupa buku siswa dan buku panduan guru serta untuk mengetahui efektivitas bahan ajar tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan yang telah disesuaikan dengan kondisi peneliti. 12288 12288 12288 12288 Adapun hasil uji coba lapangan awal adalah rata-rata penilaian ahli materi ahli desain bahan ajar ahli multiple intelligences dan enam orang siswa terhadap buku siswa sebasar 89 24%. Sedangkan buku panduan guru memperoleh penilaian rata-rata sebesar 89 25% dengan begitu produk yang dibuat telah valid dan layak digunakan. Pada uji coba lapangan utama ditemukan penilaian siswa terhadap bahan ajar sebesar 85 97% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 48%. Sedangkan hasil analisis uji paired sample test memperoleh nilai signifikansi 0 000 (
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34651 |
Actions (login required)
View Item |