Putra, Ilham Maulana (2013) Pengaruh penggunaan media visual dalam pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Islam Batu / Ilham Maulana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Putra Ilham Maulana. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Progam Keahlian Akuntansi SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E MA MM Ak (II) Dr. Tuhardjo S.E M.Si Ak. Kata Kunci hasil belajar metode Numbered Head Together Pembelajaran menggunakan media visual dalam pembelajaran kooperatif mengubah pembelajaran yang konvensional menuju pembelajaran yang lebih berinovasi. Pergeseran tersebut menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sedangkan guru sebagai fasilitator. Siswa yang aktif dalam proses pembelajaran diharapkan hasil belajar akan meningkat. Dalam proses pembelajaran akuntansi pada kelas X Prodi Akiuntansi SMK Islam Kota Batu siswa kurang memiliki motivasi dalam belajarnya. Kurangnya motivasi tersebut menyebabkan peserta didik malas dan tidak bersemangat. Hasil belajar diperoleh peserta didik juga tidak maksimal yang menyebabkan nilai tidak sesuai dengan rencana pembelajaran. Dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada mata pelajaran akuntansi peserta didik menjadi kurang aktif padahal dalam pembelajaran akuntansi keaktifan peserta didik sangat diperlukan agar mereka dapat menguasai pembelalajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) menggunakan media visual. Dengan metode dan media pembelajaran tersebut siswa dapat termotivasi untuk maju dan hasil belajar menjadi meningkat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan bentuk desain nonquivalen control grup design.. Penelitian ini mengukur satu subvariabel yaitu ranah kognitif. Penilaian kognitif mengukur kemampuan berpikir yang mencakup kemampuan intelektual. Penilaian hasil belajar pada penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan metode kooperatif model Numbered Head Together (NHT) menggunakan media visual menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi akuntansi yang dipelajari. Seiring dengan meningkatnya pemahaman siswa tentang materi akuntansi hasil belajar akan meningkat. Hal tersebut terbukti dengan hasil penelitian ini dimana pembelajaran menggunakan metode kooperatif model Numbered Head Together (NHT) menggunakan media visual meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian dibandingkan dengan pembelajaran metode kooperatif model Numbered Head Together (NHT) tanpa menggunakan media visual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34650 |
Actions (login required)
View Item |