Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis facebook untuk siswa Prakerin SMK Widya Dharma Turen / Sri Ariny Nuryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis facebook untuk siswa Prakerin SMK Widya Dharma Turen / Sri Ariny Nuryanti

Nuryanti, Sri Ariny (2013) Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis facebook untuk siswa Prakerin SMK Widya Dharma Turen / Sri Ariny Nuryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nuryanti Sri Ariny. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Facebook Untuk Siswa Prakerin SMK Widya Dharma Turen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed (II) Triadi Agung Sudarto SE. M.Si. Ak. Kata Kunci pengembangan media media pembelajaran akuntansi facebook siswa prakerin. Prakerin merupakan salah satu bagian dari pola pendidikan sistem ganda sebagai program bersama antara SMK dan industri yang dilaksanakan di dunia usaha dan industri. Selama pelaksanaan prakerin siswa tidak berinteraksi tatap muka dengan guru dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Untuk itu perlu dikembangkan suatu media yang dapat digunakan oleh guru untuk berbagi ilmu dengan siswa tanpa harus terbatas oleh ruang dan waktu. Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis facebook untuk siswa prakerin. Media pembelajaran akuntansi berbasis facebook ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni (1) analysis (analisa) (2) design (desain/perancangan) (3) development (pengembangan) (4) implementation (implementasi/eksekusi) dan (5) evaluation (evaluasi). Subyek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini antara lain ahli media ahli materi dan siswa selaku pengguna media. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) yang bersifat semi tertutup. Pengolahan data dilakukan setelah data hasil uji coba berhasil didapatkan. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Melalui analisis data tersebut diperoleh persentase hasil uji coba ahli media sebesar 100% ahli materi sebesar 85% calon pengguna sebesar 80 5% dan siswa selaku pengguna kelompok kecil sebesar 79 8%. Sehingga rata-rata hasil yang diperoleh sebesar 86 4% dari keseluruhan nilai rata-rata maksimal yang seharusnya diperoleh. Berdasarkan pedoman kriteria kelayakan maka secara keseluruhan media pembelajaran Akuntansi berbasis facebook ini dinyatakan layak dan tidak perlu direvisi. Saran untuk pengembangan media selanjutnya diharapkan untuk dapat membuat sebuah halaman aplikasi yang membahas materi Akuntansi. Dalam halaman tersebut pengembang dapat menambahkan sebuah aplikasi berbentuk game. Sehingga siswa lebih tertarik untuk menggunakan media tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34647

Actions (login required)

View Item View Item